Perancangan Video Promosi Kampung Wisata Maspati Surabaya sebagai Upaya Pelestarian Warisan Budaya Lama

Aponno, Pramavidha Cory (2018) Perancangan Video Promosi Kampung Wisata Maspati Surabaya sebagai Upaya Pelestarian Warisan Budaya Lama. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3413100131-Undergraduate_Theses.pdf] Text
3413100131-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Kampung Wisata Maspati Surabaya merupakan salah satu alternatif tujuan wisata dalam Kota Surabaya yang memiliki potensi karena terdapat budaya lama berupa penanaman nilai kebaikan dalam kehidupan sehari-hari dan memori perjuangan di Surabaya yang dilestarikan. Perancangan video promosi Kampung Maspati ini bertujuan untuk membantu menyediakan media promosi yang mengulas konten dari Kampung Wisata Maspati.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif dipakai untuk memaparkan fakta dilapangan secara deskriptif berdasar data primer, sedang data sekuder diambil dari data statistik, buku, teks, serta laporan hasil penelitian yang pernah dilakukan. Metode kuantitatif dipakai untuk menganalisa hasil kuesioner dengan analisa statistik diskriptif. Hasil penelitian dipakai untuk informasi dalam menyusun konsep desain.
Hasil luaran dari perancangan ini berupa sebuah video, yang menyajikan potensi kampung sebagai destinasi wisata dengan menonjolkan kelebihan atau keunikan dari kampung tersebut. Perancangan video promosi ini dapat menggugah minat wisatawan untuk berkunjung ke Kampung Maspati dan mampu mengingatkan akan sejarah perjuangan dan budaya lama dengan nilai-nilai luhurnya yang perlu dilestarikan.
=========== Kampung Wisata Maspati Surabaya is one of tourist destination alternatives in Surabaya that preserves old cultures in the form of daily local wisdom as well as Surabaya's heroes battle commemoration. The design of this Kampung Maspati's video promotion is aimed at providing a medium of promotion that covers the unique contents of Kampung Wisata Maspati.
Research method used are both qualitative and quantitative. The first method is used for explaining the facts based on primary data, while secondary data are gained from several sources such as statistical data, text books, and previous research report. The quantitative method is used for analyzing the questioner results using descriptive statistics. Results from this research are used as information for deciding the design concepts.
The output of the design is a video that presents the potency of kampung as a tourist destination that accentuates the unique of the kampung. This video promotion arouses both the tourists' interests for visiting the kampung as well as the memory of Heroes Battle in Surabaya and also preserves several local wisdom that are contained in old cultures.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kampung Maspati; video promosi; budaya lama; bangunan bersejarah; video promotion; old culture; historical buildings
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G155 Tourism
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TR Photography > TR845 Cinematography. Video recordings.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aponno Pramavidha Cory
Date Deposited: 12 Feb 2018 06:49
Last Modified: 12 Feb 2018 06:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51221

Actions (login required)

View Item View Item