Perancangan Video Promosi Sentra Industri Tenun Ikat Troso Sebagai Media Penunjang Desa Wisata di Kota Jepara

Amalina, Arini Nur (2018) Perancangan Video Promosi Sentra Industri Tenun Ikat Troso Sebagai Media Penunjang Desa Wisata di Kota Jepara. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3413100155-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3413100155-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (33MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Jepara merupakan salah satu diantara Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki potensi industri Usaha Kecil Menengah (UKM) dan kerajinan, salah satunya adalah Sentra Industri Tenun Troso. Sentra Indusri ini merupakan pusat tenun ikat di Jepara. Kreasi dan keunikan produk yang dihasilkan merupakan sebuah potensi besar yang dapat digunakan sebagai penunjang desa wisata. Potensi ini dapat dioptimalkan dengan cara memperkenalkan ciri khas Sentra Industri Tenun Troso.
Metode penelitian yang digunakan pada tahap pengumpulan data diantaranya melakukan penggalian data melalui observasi langsung dan wawancara dengan stakeholder. Selanjutnya adalah menganalisa beberapa video yang bertema promosi sebagai studi eksisting. Tahap selanjutnya, yaitu pengolahan dat dimana nantinya akan dikaji dan dianalisa sehingga menjadi beberapa solusi penyelesaian dari masalah dalam perancangan ini.
Hasil akhir dari perancangan ini adalah sebuah video promosi yang diharapkan mampu membantu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sebagai media yang menyalurkan informasi tentang Sentra Industri Tenun Ikat Troso kepada wisatawan.
==================================================================================================================
Jepara is one of the regencies in Central Java province which has potential of small and medium enterprises and handicraft, one of them is Sentra Industri Teno Troso. This Industrial Center is the center of ikat in Jepara. Creation and uniqueness of the resulting product is a great potential that can be used as a supporting tourist village. This potential can be optimized by introducing the typical Troso Weaving Industry Center.
The research methods used in the data collection stage include data mining through direct observation dan interviews with stakeholders. Next is to analyze some promotional-themed videos as the existing study. The next stage, which is that processing which will be reviewed and analyzed, so that become some solution of problem in this design.
The final result of this design is a promotional video that is expected to help the department of tourism and culture as a medium that channel information about Ikat Troso Weaving Industry Center to tourist.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 777 Ama p
Uncontrolled Keywords: Jepara, Tenun Troso, Desa Wisata, Video Promosi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G155 Tourism
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1992.94 Video recordings--Production and direction.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Amalina Arini Nur
Date Deposited: 07 May 2018 03:37
Last Modified: 11 Jun 2020 07:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51227

Actions (login required)

View Item View Item