Perancangan Video Promosi Kabupaten Tulungagung Untuk Mengangkat Potensi Pariwisata di Kabupaten Tulungagung

Valiant, Herdiaz (2018) Perancangan Video Promosi Kabupaten Tulungagung Untuk Mengangkat Potensi Pariwisata di Kabupaten Tulungagung. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3413100185_Undergraduate_Theses.pdf] Text
3413100185_Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Tulungagung diuntungkan dengan letak geografis yang berada di tepi samudera hindia sehingga terdapat beberapa pantai dan pesona wisata laut lainya. Wisata pantai dan wisata alam lainya saat ini menjadi tujuan utama bagi wisatawan yang datang ke Tulungagung. Namun angka kunjungan dari data akomodasi sendiri menunjukan angka yang relatif menurun. Pemerintah daerah sendiri sedang mengadakan program untuk mengembangkan pariwisata lokal di Tulungagung. Hal ini dapat menjadi potensi untuk turut mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Tulungagung. Maka dirancang sebuah Promosi untuk menarik calon wisatawan dengan strategi media yang sesuai dengan pasar dan preferensi audiens.
Perancangan promosi ini dilakukan dengan beberapa metode. Pertama adalah tinjauan pustaka untuk mendapatkan teori yang dijadikan sebagai panduan dalam membuat promosi dan tinjauan media yang dipilih adalah video sebagai strategi media yang sesuai dengan pasar. Wawancara terhadap stakeholder yaitu Disparpora Tulungagung untuk mendapatkan brief beserta kriteria objek pariwisata yang diangkat. Kuisener terhadap target audiens untuk mendapatkan preferensi serta keinginan yang dapat membantu dalam pemilihan konten wisata yang sesuai dengan keinginan audiens. Semua metode tersebut dianalisa untuk menemukan sebuah rumusan konsep yaitu pariwisata Tulungagung yang mudah dijangkau dengan slogan “Tulungagung Reachable Paradise”.
Konsep utama disampaikan dengan gaya visual dan komunikasi yang ditentukan melalui riset. Disajikan dengan media video yang akan disalurkan melalui media sosial dan sebagai penunjang pameran wisata yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Nantinya turunan video juga akan dipecah menjadi video dengan durasi pendek guna untuk penyebaran yang lebih merata melalui media sosial yang berbatas durasi seperti Instagram. Dari luaran video promosi ini sudah mampu meningkatkan awareness calon wisatawan serta mampu mengajak calon wisatawan untuk berkunjung ke Tulungagung sehingga diharapkan membantu meningkatkan potensi pariwisata yang ada di Tulungagung =========== Tulungagung Regency given the benefits by it’s geographical location in the edge of the Indian Ocean ,so there are several beaches and other sea tourism charms. Beach tourism and other natural attractions are the main destination for tourists who come to Tulungagung. However, the number of visitors from the accommodation data itself shows the number of visitors that relatively decreased. The local government itself developing a local tourism in Tulungagung. This can be a potential to promote tourism in Tulungagung. Then the author make a design of promotion media to attract potential travelers with a media strategy that suits the market and audience preferences.
The design of this promotion is done by several methods. The first is a literature review to get the theory use as a guide in making promotions and media reviews as a media strategy appropriate to the market. Interview with stakeholders, Disparpora Tulungagung to get the brief along with the criteria of tourism object.Quisionaire to get the preferences and desires that can help in the selection of tourist content in accordance with the wishes of the audience. All these methods are analyzed to find a concept formula. The main idea is Tulungagung tourism that is easy to reach with the slogan, "Tulungagung Reachable Paradise".
The main concept is presented with the visual and communication style according to the research. Informed with video media that will be shared through sosial media and as a supporting tourism exhibition conducted by local government. Later, the video will also be split into short duration videos for more equitable distribution through sosial media with limited duration such as Instagram. From the outcome of this promotional video has been able to increase the awareness of potential tourists and able to invite potential tourists to visit Tulungagung so the result is expected to help improve the tourism potential in Tulungagung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tulungagung Tourism, Promotion Video, Narute Tourism Potential
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G155 Tourism
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1992.94 Video recordings--Production and direction.
T Technology > TR Photography > TR845 Cinematography. Video recordings.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Valiant Herdiaz
Date Deposited: 13 Feb 2018 04:43
Last Modified: 13 Feb 2018 04:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51234

Actions (login required)

View Item View Item