Wardhani, Nindita Karina Sastya (2018) Perancangan Buku Digital Interaktif sebagai Media Penunjang Pendidikan Multikultural untuk Anak-Anak Usia 7-10 Tahun. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3411100129-Undergraduate_Theses.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan multikultural sangat penting dan relevan untuk direalisasikan di Indonesia yang memiliki tingkat keberagaman sosial yang tinggi dan rentan dengan konflik berlatarbelakang SARA. Namun, pendidikan multikultural di sekolah belum tercukupi karena kurangnya alokasi waktu pembelajaran yang memprioritaskan mata pelajaran Ujian Nasional. Selain itu, media pembelajaran multikultural di sekolah yang bersifat tekstual kurang menarik minat anak-anak. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan sebuah solusi untuk mengemas konten multikulturalisme yang ringkas dan sesuai dengan kurikulum serta preferensi anak-anak.
Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan observasi, literature review, focus group discussion dan depth interview yang berfokus pada keberagaman di Indonesia pada usia anak-anak, dirumuskan sebuah konsep pembelajaran mengenai multikulturalisme sesuai acuan pada standar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang disajikan dengan bentuk naratif dan interaktif dalam media yang sesuai preferensi sehingga mudah diakses dan digunakan oleh anak-anak.
Hasil perancangan berupa buku digital interaktif berjudul "Bhinneka Bangsaku" dengan konten yang ringkas, narasi cerita yang relevan dan familiar dengan keseharian, ilustrasi digital painting yang ekspresif , dan desain antarmuka yang mudah digunakan untuk anak-anak usia 7-10 tahun. Buku digital interaktif dapat dijalankan dengan gawai bersistem operasi Android.
Penggunaan media digital sebagai platform media penunjang pendidikan multikultural dapat menarik minat anak-anak karena memungkinkan penyajian materi dalam bentuk yang lebih dinamis dan kaya secara visual, serta kemudahan dalam mengakses. Konten keberagaman yang diusung buku digital interaktif "Bhinneka Bangsaku" ini selalu relevan dengan kondisi sosial di Indonesia, sehingga berpeluang untuk terus dikembangkan, baik dari aspek konten dan format media.
===============================================================================================================================
Multicultural education is very important and relevant in Indonesia which susceptible to racial, religious and ethnic conflict due to its high level of social diversity. However, multicultural education in schools has not been fulfilled due to lack of time allocation in syllabus that prioritizes National Examination subjects. In addition, children are not content with conventional media used in schools. There need to be an alternative media with multicultural content that fits the curriculum and children's preferences.
Using qualitative research methods with observation, literature review, focus group discussions and depth interviews that focus on diversity and multicultural education in Indonesia, then formulate a concept of learning about multiculturalism in accordance with the standards of Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) presented in the narrative and interactive medium so that fits the children's preference.
The result is an interactive digital storybook titled "Bhinneka Bangsaku" with concise content, children-friendly stories, expressive illustrations, and easy-to-use interface design for 7-10 years old children. Interactive digital book "Bhinneka Bangsaku" will be available on Android.
The use of digital format as a learning tools for multicultural education is suitable for children because it allows the presentation of the material in a form that is more dynamic, visually rich, also accessible. The content of diversity promoted by this "Bhinneka Bangsaku" digital interactive book is always relevant to social conditions in Indonesia, so it is possible to be developed both in content and media formats.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak-Anak, Buku Digital Interaktif, Multikulturalisme, Pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Divisions: | Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Wardhani Nindita Karina Sastya |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 08:39 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 08:39 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/51255 |
Actions (login required)
View Item |