Desain Kontroler Motor Dc Brush 1 Fasa Untuk Mobil Nogogeni

Kurniawan, Aditya (2018) Desain Kontroler Motor Dc Brush 1 Fasa Untuk Mobil Nogogeni. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2114030089 - Non_Degree_Thesis.pdf]
Preview
Text
2114030089 - Non_Degree_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Motor DC merupakan motor yang sangat sering dijumpai di dunia robotika. Salah satu alasannya adalah karena mudah untuk dikendalikan dalam arah putaran motornya, tidak hanya searah jarum jam tetapi juga berlawanan arah jarum jam. Motor DC Brushed sendiri mempunyai ciri khas dengan rancangan awal yang memiliki sikat karbon bergesekan dengan komutator untuk mengendalikan motor tersebut. Pilihan utama kenapa memilih motor DC Brushed adalah karena dalam mengatur sebuah torsi dan kecepatan motor sangatlah mudah. Pada laporan akhir ini akan membahas bagaimana cara membuat sebuah Kontroler untuk mengatur putaran dan kecepatan motor yang dibutuhkan untuk Mobil Nogogeni. Hasil yang diperoleh yaitu data berupa grafik seperti dutycycle, putaran motor, tegangan kerja dan arus kerja. Berdasarkan hasil tes parsial yang dilakukan menggunakan alat ukur yaitu osiloskop avo meter dan tachometer yang telah dilakukan untuk mengetahui data, menentukan komponen dan model sebuah Kontroler yang akan digunakan dan dilakukan pada sebuah pengambilan data di setiap komponen berupa grafik yang telah bekerja dengan benar dan sesuai. Selanjutnya akan dilakukan penelitian secara integrasi dimana Kontroler di pasang dengan seluruh komponen mobil dengan baterai 48V 12AH dan motor DC Brushed yang terpasang dengan sistem penggerak transmisi perbandingan sproket 18:40 mampu berjalan dengan kecepatan rata-rata 29 km/jam dengan amper rata-rata 4,8A.
==================================================================================================================
DC Motor is the motor that is often found in Robotica sector. One of the reason is because easy to be managed in the rotation of motor, not only clock ways but also counter clock ways. DC Brushed Motor has special feature with first plan that has carbon brush rubs with commutator for managing that motor. The main choice why choose DC Brushed Motor is because in organising a torque and motor velocity are very simple. In this last project will discuss how to make a controller for managing motor rotation and velocity that are needed for Nogogeni Car. The obtained result is graph data like dutycycle, motor rotation, work voltage and work current. Based on the partial test result is carried out using measure tool that is osiloskop avo meter and tachometer that were carried out for knowing data, determining component and model of a controller that will be used and carried out on a data taker in every component like graph that was worked well. Furthermore, will be carried out research in a integration manner which controller is installed with all car components with battery 48V 12AH and DC Brushed motor that is installed with transmission activator system sprocket ratio 18:40 can run with velocity average 29 km/hours with ampere average 4,8A.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSMI 621.313 Kur d
Uncontrolled Keywords: Motor DC Brushed, Dutycycle, Kecepatan, Tegangan Kerja, Arus Kerja
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: aditya -
Date Deposited: 09 May 2018 02:18
Last Modified: 08 Jun 2020 07:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51277

Actions (login required)

View Item View Item