Analisa Kemampuan Beaching ( Manuvering) Pada Kapal Lst Type Frosch Ex. Jerman Timur Milik Tni-Al Pasca Repowering

Zulreino, Erdyta (2005) Analisa Kemampuan Beaching ( Manuvering) Pada Kapal Lst Type Frosch Ex. Jerman Timur Milik Tni-Al Pasca Repowering. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4299109009-Undergraduate-Theses.pdf] Text
4299109009-Undergraduate-Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Landing Ship Tank (LST) type Frosch ex. Jerman Timur dibangun pada tahun
1970- an dan dibeli oleh pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1980-an. Kapal
LST type Frosch ini sudah berusia rata - rata 30 tahun dan masih tetap dipakai oleh
Armada TNI-AL untuk melalaksanakan tugas operasinya. Sebagaimana diketahui
karena faktor usia kapal ini dalam hal pengoperasiannya yang optimal sudah tidak
ekonomis lagi dan secara teknis performancenya sudah mengalami penurunan.
Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh setiap kapal jenis LST ini adalah
kemampuan manuvernya dalam melakukan pendaratan di pantai atau yang lebih
dikenal dengan istilah beaching ( manuvering ). Beaching ( manuvering ) ini sangat
berguna untuk membantu Pendaratan pasukan marinir beserta perlengkapan -
perlengkapan pendukungnya, terutama di daerah yang tidak memiliki dermaga atau
jauh dari dermaga.
Salah satu cara yaitu dilakukan oleh TNI-AL untuk tetap memelihara
armadanya adalah dengan melakukan repowering pada kapal - kapal yang telah tua.
Saat ini repowering kapal jenls LST type Frosch yang telah dilakukan oleh TNI-AL di
PT. Dok Perkapalan Surabaya adalah KRI Teluk Parigi ( 539 ) dan KRI Teluk
Lampung ( 540 ). Namun setelah dilakukan repowering pada kapal tersebut, kapal ini
belum difungsikan lagi sebagai kapal LST sebagaimana mestinya. Hal ini disebabkan
oleh adanya dugaan perbedaan kemampuan beaching ( manuvering ) sebelum
dilakukan repowering dengan kemampuan beaching (manuvering) pasca repowering.
Untuk itu perlu adanya analisa untuk mengevaluasi ulang tentang hal - hal apa saja
yang menjadi penyebab perbedaan kemampuan beaching ( manuvering ) tersebut
berikut faktor faktor lain yang mempengaruhinya.

=====================================================================================================

Landing Ship Tank (LST) type Frosh ex. German built in1970's and bougth by Goverment of Republic of Indonesia in 1980's. The age of this LST type
Frosh was 30year old and still used by TNI-AL army to do their operation. As it was known because the factor of old aging, this ship in it's optimal operation was not
economic anymore and in technically it performance has already decreased.
One of the special character that is own by every LST ship is it's maneuvering ability in doing it's landing on beaches or it is more known with beaching (maneuvering).
Beaching (Maneuvering) is very useful to help the landing of marine army with their supporting equipment, especially in area that does not have any harbor or far from the harbor.
One way is done by TNI - AL to keep their army is by doing reporing to old ship. Today repowering od LST ship type Frosch that have been at PT. Dok Perkapalan Surabaya is KRI Teluk Parigi (539)
and KRI Teluk Lampung (540). But after repowering has been done to this ship, this ship has not fuctional as LST yet as how it should be. This is caused by the perception of the ability of beaching (maneuvering)
before repowering was done with the ability beaching (maveuvering) pra repowering. For that it needs to have any analyze for re - evalutaion about things that can be the factor of the differences of beaching (maneuvering)
ability with another factor that can be influenced.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.825 6 Zul a
Uncontrolled Keywords: Mesin Kapal; Kapal; Mesin Diesel; Naval Architecture
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VC Naval Maintenance
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 15 Feb 2018 08:42
Last Modified: 15 Feb 2018 08:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51288

Actions (login required)

View Item View Item