Pengaruh Jarak tempuh terhadap viskositas kinematik dan viskositas index oli ahm mpx 2 sae 10w 30 pada sepeda motor honda beat

Kurniawan, Agung Setia Budi (2018) Pengaruh Jarak tempuh terhadap viskositas kinematik dan viskositas index oli ahm mpx 2 sae 10w 30 pada sepeda motor honda beat. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
2114030037-non_degree.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada umumnya untuk menentukan minyak pelumas sudah waktunya diganti atau belum, masih berpedoman pada jarak tempuh (km) untuk kendaraan bermotor. Salah satu cara untuk menentukan minyak pelumas sudah waktunya diganti atau belum dapat diukur dengan mengukur viskositasnya agar kelayakan-pakai minyak pelumas dapat diketahui. Syarat kelayakan-pakai minyak pelumas yaitu viskositas berkurang tidak lebih dari 50% dari viskositas minyak pelumas baru. Dalam tugas akhir ini untuk menunjukan jarak tempuh terhadap viskositas dan viskositas indexnya. Semakin panjang jarak tempuh minyak pelumas dipakai maka viskositasnya semakin turun akan tetepi nilai viskositas indexnya tetap . Pada tugas akhir ini akan dilakukan pengujian viskositas minyak pelumas menggunakan metode alat viskometer kinematik bath kohler. Variasi jarak tempuh adalah 0 km, 2000 km, dan 3000 km dengan temperatur pengujian pada 400 C dan 1000 C. Hasil pengujian dan perhitungan memperlihatkan bahwa semakin panjang jarak tempuh maka viskositasnya semakin turun dan nilai viskositas indexnya tetap. Dan untuk mengetahui lamanya bola jatuh (t) bila menggunakan viskometer bola jatuh, diperoleh nilai t yang sangat singkat yang tidak bisa diamati oleh panca indera. jarak tempuh, pada 2200 km pada suhu 40°C, diperoleh t = 0,31 sec. Pada umumnya untuk menentukan minyak pelumas sudah waktunya diganti atau belum, masih berpedoman pada jarak tempuh (km) untuk kendaraan bermotor. Salah satu cara untuk menentukan minyak pelumas sudah waktunya diganti atau belum dapat diukur dengan mengukur viskositasnya agar kelayakan-pakai minyak pelumas dapat diketahui. Syarat kelayakan-pakai minyak pelumas yaitu viskositas berkurang tidak lebih dari 50% dari viskositas minyak pelumas baru. Dalam tugas akhir ini untuk menunjukan jarak tempuh terhadap viskositas dan viskositas indexnya. Semakin panjang jarak tempuh minyak pelumas dipakai maka viskositasnya semakin turun akan tetepi nilai viskositas indexnya tetap . Pada tugas akhir ini akan dilakukan pengujian viskositas minyak pelumas menggunakan metode alat viskometer kinematik bath kohler. Variasi jarak tempuh adalah 0 km, 2000 km, dan 3000 km dengan temperatur pengujian pada 400 C dan 1000 C. Hasil pengujian dan perhitungan memperlihatkan bahwa semakin panjang jarak tempuh maka viskositasnya semakin turun dan nilai viskositas indexnya tetap. Dan untuk mengetahui lamanya bola jatuh (t) bila menggunakan viskometer bola jatuh, diperoleh nilai t yang sangat singkat yang tidak bisa diamati oleh panca indera. jarak tempuh, pada 2200 km pada suhu 40°C, diperoleh t = 0,31 sec. =============================================================================================================== In general, to determine the lubricant oil is time to be replaced or not, still based on mileage (km) for motor vehicles. One way to determine which lubricating oil is time to be replaced or not yet measured by measuring its viscosity so that lubricant oil usability can be known. The requirement for lubricant oil to be used is that the viscosity is reduced by no more than 50% of the viscosity of the new lubricating oil. In this final project to show the distance of viscosity and viscosity index. The longer the lubricant travel distance is used, the viscosity will decrease, but the viscosity value of the index remains the same. In this final project will be tested the viscosity of lubricant oil using kimler kinematic viscometer instrument method. Distance variations are 0 km, 2000 km, and 3000 km with testing temperatures at 400 C and 1000 C. Test results and calculations show that the longer the distance the viscosity decreases and the viscosity index value remains. And to know the duration of the falling ball (t) when using a falling ball viscometer, a very short t value can not be observed by the five senses. mileage, at 2200 km at 40 ° C, obtained t = 0.31 sec.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh jarak tempuh pelumas, V iskositas, Viskometer Kinematik bath kohler
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1077 Lubrication and lubricants.
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: Agung Setia Budi Kurniawan
Date Deposited: 07 May 2018 07:58
Last Modified: 07 May 2018 07:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51292

Actions (login required)

View Item View Item