Analisis Permintaan Dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Mini Pancake Kaset Panarec Dengan Sistem Material Requirement Planning (MRP) Di PT Panggung Electric Corporation Sidoarjo

Safitri, Galuh Indri (2003) Analisis Permintaan Dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Mini Pancake Kaset Panarec Dengan Sistem Material Requirement Planning (MRP) Di PT Panggung Electric Corporation Sidoarjo. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1399100039-Undergraduate -Thesis.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Peramalan tcrhadap pcnnintaan suatu produk dapat membantu pcrusahaan dalam mercncanakan dan mengendalikan persediaan bahan baku yang dibutuhkan. Salah satu masalah dalam pcrscdiaan bahan baku adalah pcrsediaan bahan baku bcrupa l..omponcn tcrtcntu yang diproduksi dan dipakai scndin scbagat sub-komponen suatu produk J3dt oleh sebuah perusahaan. Dalam hal tnt, komponen harus dibuat Jebih dahulu dengan kecepatan produksi yang tctap, kemudtan dtgunakan dalam proses produksi lebih lanjut. Penelittan Tugas Akhir ini dilakukan di PT Panggung Electric Corporation dengan vanablc yang diteliti adalah nilai pennintaan kaset PANAREC tipe C-46, C-60, dan C-90. Salah satu bahan baku kasct PANAREC yaitu sub-komponen ,\fuu Pancake yang harus diproduksi sendiri terlebih dahulu. Sub-kornponen lvlmi l'uncuke terdin dari Nuh, Clamping, MagnetiC Tape, Leader Tape, dan SplaCIIIj!.. Bahan baku Huh dan Clumping diproduksi scndiri oleh pihak perusahaan sedangkan sisanya dipcrolch dari pihak diluar perusahaan. Penyediaan Muu Pancake yang cukup akan san gat membantu kelancaran proses assembling kascl. Untuk dapnt mcngctahui tingkat kebutuhan Mini Pancake diperlukan anal isis tim!! .nml!s tcrhadap data pennintaan kaset PANAREC. Dari anal is is time series akan didapatkan model pcrarnalan yang has ilnya dapat dibuat perencanaan kebutuhan bahan baku dcngan menggunakan rnetode Pcrcncanaan Kebutuhan Material (Afuterwl l?eqwrement l'lanmng, MRP) yang menggunakan empat u~uran lot yaitu EOQ, l.ot For Lot, PPB, dan POQ. Dari analists time .H:nes didapatkan model permintaan kasct tipc C-46 adalah AR (I). Dari hasil pcramalan dengan menggunakan model tcrscbut diramalkan pennintaan kaset tipe C-46 pada bulan April-Desember 2003 akan mengalami kenai~an. Model pcn11intaan kaset tipe C-60 adalah AR (1) dan diramal l..an pennintaan 1-.asct tipc C-60 pada bulan Aprii-Desember 2003 akan menu run. Model pcnntntaan kasct tipc C-90 adalah AR (( 4)) dengan hasil ramal an yang menunjul..~an pennintaan l..aset tipe tersebut pada bulan April-Dcsembcr 2003 akan mengalami nul..tuasi. Dari analtsts MRP didapatkan ukuran lot l..ot For Lot mcnunjukkan biaya pcrsediaan yang minimum untuk empal bahan baku Mini Pancake, yaitu Huh, Clampm~. ,\/aj!.nCIIC Tape 11pe C-60a, lvfagnetic Tape tipe C-60b, dan Leader tup!!. Sedangkan ul..uran lot PPI3 mcnunJul..kan biaya persediaan yang minimum untuk bahan baku MagnetiC tape tipc C-90. Persediaan bahan baku Splacinj!. dapat mcncukupi k.:butuhan sampai akhir 2003 schingga ltdak dilakukan pcmcsanan. Ukuran lot POQ ttdak digunakan untuk menghitung perencanaan bahan baku karena pcncntuan ukuran lot ltdak dapat ditentukan sacam sembarang. Metode POQ hanya dtgunakan untuk mcnghitung banyak pcmcsanan dan pcmbuatan dalam seta hun sc rta intcl"\·nl waktunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.55 Saf a
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA30.3 Time-series analysis
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 21 Feb 2018 03:47
Last Modified: 21 Feb 2018 03:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51314

Actions (login required)

View Item View Item