Studi Pengelompokan Wilayah Di Jawa Timur Berdasarkan Komponen Penyusun Indeks Kemiskinan Manusia Sebelum Dan Sesudah Krisis Ekonomi

Wibowo, Dedy Arie Kustanto (2003) Studi Pengelompokan Wilayah Di Jawa Timur Berdasarkan Komponen Penyusun Indeks Kemiskinan Manusia Sebelum Dan Sesudah Krisis Ekonomi. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1399030033-Non-Degree-Thesis.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Perkembangan ungkat kcscjahtcraan pcnduduk merupakan salah satu indikator yang dapat digunal..an untuk mengetahut keberhasilan pembangunan yang telab dicapat di suatu v.1layah pada penode tcrtcntu. Kemiskinan merupakan salah satu pcnnasalahan yang timbul dalam pcmbangunan bcrsama-sama dengan pengangguran dan kesenJangan sostal Dalam konteks pembangunan di Indonesia, perkembangan ungkat keseJahteraan mas) arakat dalam hal uu terkait dengan masalah kemiskinan semakm mencuat sejak adanya knsts ekonomt yang melanda sejak pertengaban tahun 1997. Oleh karena itu dtperlukan suatu telaah yang dapat digunakan sebagai masukan bagt pemerintah untuk menang~:,rulangi kcmiskinan menuju tingkat kesejahteraan yang lcbth baik Menurut UNDP salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mewakili ttngkat kemiskman adalah tndeks kemiskinan manusia. Oleh karena itu untuk mengetahui seJauh manu pengaruh krisis ckonomi tcrhadap pengelompokan wilayah di Jawa Timur berdasarkan indcks kctmskinan manusia maka perlu dilakukan penclitian ini. Adapun tujuan dan penelitian adalah untuk mengetahui karakteristik v.ilayah di Jawa Timur berdasarkan komponcn pcnyusun lKM sebelum dan sesudah terjadinya krisis ekonomi, mengetahui pcngelompokan wilayah di Jawa Timur berdasarkan komponen penyusun lKM sebelum dan scsudah krisis ckonomi serta mengetahui variabel-variabel apu sajakah yang mcmbcdakan antar kelompok yang terbentuk baik itu sebelum dan scsudah krisis ekonomi. Dalam pcnclitian mi digunakan analisis komponen utama, analisis faktor yang digunakan untuk mercduksi variabcl schingga didapatkan skor fak1or yang dapat dtgunakao sebagai input dalam anal isis kelompok sehingga dihasilkan pengelompokan wilayah di Jawa Ttmur. Untuk mengetahui variabel-variabel yang membedakan antar kelompok dtgunakanan analisis diskriminan. Dari anal isis dan pembahasan terlibat bahwa sebelum terjadinya krisis ekonomi v.ilayah di Jawa Timur terbentuk menjadi 3 kelompok. Dimana kelompok I terdiri dan 17 kabupaten. kclompok II terdin dari 8 kabupaten dan kelompok ill terdin dan 8 kotamad)a dan 4 kabupatcn. Kelompok yang mempunyai nilai rata-rata variabel pembentuk I KM tcrendah tercatat dalam kelompok \vilayah yang terletak dt daerah tapa! kuda Sedangkan setelah tel)admya krisis ekonomi, wtlayah dt Jawa Ttmur dibedakan menaJdl 3 kelompok, dimana kelompok I terdiri dari 17 kabupaten dan I kotamad~a. kelompok II tcrdiri dari 4 kabupaten dan 7 kotamadya dan kelompok Ill tcrdin dari 8 kabupaten. untuk \vilayah yang mempunyai rata-rata variabel pembentuk mdek~ kemiskinan manusta tcrcndah tetap tercatat di "ilayah tapa! kuda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSSt 519.53 Wib s
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49401-(D3) Diploma 3
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 22 Feb 2018 02:04
Last Modified: 22 Feb 2018 02:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51332

Actions (login required)

View Item View Item