Analisa Biaya, Waktu Dan Metode Pelaksanaan Pekerjaan Dinding Diaphragma Dengan Sistem Beton Pracetak Dan Cor Setempat (Studi Kasus Proyek Jalan Under Way Tanah Abang Jakarta)

Taufik, Mohamad H (2002) Analisa Biaya, Waktu Dan Metode Pelaksanaan Pekerjaan Dinding Diaphragma Dengan Sistem Beton Pracetak Dan Cor Setempat (Studi Kasus Proyek Jalan Under Way Tanah Abang Jakarta). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3198109503-Undergraduate -Thesis.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Mengingat volume lalu-l intas yang sangat padat sernng dengan pertumbuhan kcgiatan pcrekonomian yang pesat di Jakarta, maka dipcrlukan sarana dan prasarana yang baik. Schingga muncul suatu ide untuk membnngun sarana dan prasarana dibawah tanah . Perkcmbangan ilmu dan teknologi mcmpcrkcnalkan bcntuk-bcntuk konstruksi, mctodc kcrJa guna mencapai hasil pckcrJaan yang opuma! dcngan mcmpcrhatikan fungsi dari dindmg diaphragma dan mcmpcrtimbangkan s.:gi biaya, waktu dan kemudahan pelaksanaan pckcrjaan tcrsebut. Tugas akhir ini mcmbahas perbandingan mctodc pclaksanaan dinding diaphragma sistem bcton Pracctak dengan sistem Cor Setcmpat. mulm tahap pcl.erJaan pcrsiapaan sampai tahap penyelesaian pembuatan dinding diaphragma. Pad:r pcTaksanaan dindmg d1aphrak'll1a sistem pracetak untuk pekerjaan p.;nggalian dan pengecoran tidak dibcdakan antara primary dan secondary dan tidak ada pcmasangan CWS yang scperti yang dilakukan pada sistcm cor setempat Hal tcrscbut mcnycbabkan waktu pclaksanaan s1stcm pracetak lt:bih cepat dibandingkan dcngan sistcm cor sctcmpat. Pada kond1si lahan pekcrJaan yang sempit, metode pelaksanaan konstruksi dmding diaphragma sistem pracctak lebih mudah ditcrapkan dibandingkan sistcm cor setcmpat, karena panel pracetak dipesan dan pabnk dan udak membutuhkan lahan pcmbuatan sena penytmpanan yang luas. Hal lam yang dtbahas secara khusus adalah perbandingan analisa biaya dan waktu pclaksanaan dinding diaphragma sistcm pracetak dengan sistem cor setempat. Dari hasil analisa, maka d1dapatkan bahwa sistcm pracetak membutuhkan waktu pclaksanaan se lama 60 hari dcngan biaya sebesar Rp. 1.856.276.41 0,00, sedangkan sistem cor sctempal membutuhkan waktu pelaksanaan sclama 85 han dcngan biaya scbcsar Rp. 1.505.983.255.00. Setelah di lakukan cvaluasi yang menyelunil1 dengan metode matriks maka hasil yang didapat ya itu sistem cor setcmpat lebih layak digunakan untuk pcmbuatan dindi11g diaphragrna pada proyek Under Way Tanah Al::ang .'akarta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 658.404 Tau p
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 22 Feb 2018 03:52
Last Modified: 22 Feb 2018 03:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51339

Actions (login required)

View Item View Item