Analisis Penjadwalan Dengan Metode Pertukaran Waktu Dan Biaya Pada Proyek Pembangunan Rehabilitasi Sarana Dan Prasarana Persampahan Di Kota Surabaya

Mayasari, Indah (2003) Analisis Penjadwalan Dengan Metode Pertukaran Waktu Dan Biaya Pada Proyek Pembangunan Rehabilitasi Sarana Dan Prasarana Persampahan Di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3199109528-Undergraduate -Thesis.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pekerjaan Pelaksanaan proyek seringkali mengalami keterlambatan dan kemacetan, salah satunya karena adanya jadwal pelaksanaan proyek yang tidak tepat sehingga dapat mengganggu waktu penyelesaian proyek. Proyek pembangunan rehabilitasi sarana dan prasarana persampahan Kota Surabaya yang berlokasi di Benowo ini merupakan kebutuhan yang mendesak oleh karena itu diperlukan kemampuan manajemen konstruksi yang baik dengan memperhatikan kemampuan sumber day a yang ada agar tidak terjadi penumpukan sampah sehingga mengakibatkan polusi udara dan penyakit. Berpijak dari pemikiran tersebut diatas, maka penulis berusaha menyusun tugas akhir ini dengan mengambil tema " Analisis Penjadwalan dengan Metode Pertukaran Waktu dan Biaya pada Proyek Pembangunan Rehabilitasi Sarana dan Prasarana Persampahan di Kota Surabaya Pembahasan tugas akhir pada kasus Proyek pembangunan rehabilitasi sarana dan prasarana persampahan Kota Surabaya bertujuan membandtngkan dan menganalisa waktu pelaksanaan dan biaya proyek antara jadwal semula dengan jadwal kompresi. Dalam proses kompresi umur pelaksanaan proyek pada item - item pekerjaan untuk jadwal normal dicapai pada umur proyek 168 hari selanjutnya dilakukan crashing pada aktivitas - akttvitas tersebut yang berada pada lintasan kritis, sehingga peke~aan dapat diselesaikan lebih cepat atau paling tidak peke~aan tersebut dapat terlaksana sesuai dengan jadwal Percepatan dilakukan dengan 2 alternatif yaitu pada alternatif 1 dengan penambahan tenaga kerja yang menghasilkan penyelesaian umur proyek pada 134 hari dengan btaya total pelaksanaan sebesar Rp. 3.410.301.461,97 dan penyelesaian proyek untuk waktu yang optimum dicapai sama dengan waktu yang maksimum karena merupakan biaya yang paling rendah dan tidak dapat di crashing lagi. Dan alternatif ke 2 dengan penambahan jam kerja atau ke~a lembur yang menghasilkan waktu maksimum penyelesaian pada umur proyek 150 hari dengan biaya total pelaksanaan sebesar Rp. 3.470.419.274,82 dan penyelesaian proyek untuk waktu yang optimum dicapai sama dengan waktu yang maksimum karena merupakan biaya yang paling rendah dan tidak dapat di crashing lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 658.404 May a
Uncontrolled Keywords: Kompresi Jadwal, Optimasi.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 23 Feb 2018 07:20
Last Modified: 23 Feb 2018 07:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51349

Actions (login required)

View Item View Item