Aplikasi neuro fuzzy logic untuk pengenalan pola sidik jari dengan menggunakan Macintosh

Pribadi, Fikri (1998) Aplikasi neuro fuzzy logic untuk pengenalan pola sidik jari dengan menggunakan Macintosh. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2290100033-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2290100033-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi yang ada dewasa ini mempunyai tujuan untuk semakin mempermudah pekerjaan manusia, dimana perkembangan saat ini diarahkan dalam pemodelan Intelegence Sistem. Ilmu yang dikembangkan diharapkan mempunyai kesempurnaan seperti halnya pada sistem kerja manusia dan dapat menanggulangi adanya keterbatasan dari manusia. Fuzzy logic dan Neural Network adalah teknologi yang dapat saling mengisi satu sama lain dalam mencapai tujuan Intelegence Sistem tersebut. Keduanya merupakan perkembangan teknologi terbaru yang masih mempunyai prospek yang sangat luas.
Pemakaian Algoritma Jaringan Syaraf Tiruan merupakan alternatif yang paling tepat karena algoritma ini sangat luwes dan mempunyai pola kerja dan cara berpikir seperti halnya manusia. Penggabungan dengan teknologi baru yaitu Fuzzy logic akan dapat membantu mempercepat serta memperluas unjuk kerja dari sistem jaringan syaraf tiruan sehingga dapat menghasilkan sistem yang tangguh. Dalam tugas akhir ini dibuat suatu riset jaringan dengan menggunakan salah satu metode jaringan syaraf tiruan yaitu metode Kohonen. Metode ini dalam proses belajarnya akan dibantu dengan penambahan membership function guna mempercepat proses belajar. Model ini dipakai untuk mengenali pola sidik jari manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 629.89 Pri a
Uncontrolled Keywords: Neuro fuzzy logic, pola sidik jari, Macintos
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA9.64 Fuzzy logic
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Eny Widiastuti -
Date Deposited: 07 Mar 2018 07:58
Last Modified: 07 Mar 2018 07:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51467

Actions (login required)

View Item View Item