ANALISA HARMONISA DAN RANCANG FILTER SINGLE TUNED PADA SISTEM KELISTRIKAN BANDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA

RIFAI, M. ARIS MAULANA (2016) ANALISA HARMONISA DAN RANCANG FILTER SINGLE TUNED PADA SISTEM KELISTRIKAN BANDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2213105092_Abstract.pdf]
Preview
Text
2213105092_Abstract.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 2213105092_Conclusion.pdf]
Preview
Text
2213105092_Conclusion.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 2213105092_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2213105092_Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Harmonisa merupakan efek dari penggunaan beban nonlinier yang tidak dapat dipisahkan dalam sistem tenaga listrik. Pada dunia industri banyak variasi beban penyumbang harmonisa diantaranya VSD(virtual speed drive) pada pengaturan motor, penggunaan power suplay, pemakaian lampu hemat energi, penggunaan tyristor dalam penyalaan sudut, dan penggunaan komputer. Salah satu dampak yang ditimbulkan adalah daya tahan dari peralatan menjadi rendah. Bandara internasional juanda merupakan aset vital nasional untuk fasilitas penerbangan yang ada di surabaya. Selama ini belum pernah dilakukan pengukuran maupun mengkaji dampak harmonisa pada sistem tenaga. Setelah dilakukan pengambilan data didapat nilai %THD melebihi standar yang diijinkan IEEE untuk itu perlu dilakukan analisa lebih jauh mengenai penggunaan filter harmonisa sehingga didapat penurunan nilai harmonisa yang signifikan dengan nilai infestasi yang rendah. Filter harmonisa pasif pada sistem distribusi digunakan untuk mengurangi harmonisa dan mengurangi rugi-rugi daya. Melalui perancangan yang tepat, Filter harmonisa pasif dapat mengurangi harmonisa secara maksimal (optimal). Dalam Tugas Akhir ini, filter harmonisa pasif yang digunakan ialah filter single tuned 5th dan filter single tuned 7th. Perancangan dan pemasangan filter harmonisa single tuned dilakukan pada setiap fasanya. Konsep perancangan filter ini ialah, setelah mengetahui besar THD (Total Harmonic Distortion) pada bus yang terdekat dengan sumber harmonisa dan THD terbesar, maka akan dilakukan perancangan filter harmonisa single tuned. Dengan mengkombinasi nilai kapasitor yang sudah disesuaikan dengan daya reaktif pada sistem, akan didapatkan komponen lainnya (R dan L). Komponen tersebut akan disusun menjadi impedansi filter, dimana akan digunakan untuk mengurangi arus injeksi harmonisa dengan cara perbandingan arus dari impedansi sistem dan impedansi filter. Hasil simulasi ini menunjukkan bahwa perancangan filter yang dipasang pada bus POL yang nilai %THD sebelum dipasang filter adalah 10,25% , setelah dipasang filter single tuned orde ke-5 dan ke-7 menjadi 1,61%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.319 1 Rif a
Uncontrolled Keywords: Harmonisa, Filter Harmonisa Pasif (Single Tuned),
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: M. ARIS MAULANA R.
Date Deposited: 31 Oct 2016 03:01
Last Modified: 27 Dec 2018 06:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item