Analisis Penggunaan Vertikal Drain Dan Preloading Pada Lahan Reklamasi Di Unit Terminal Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Adinugraha, Satya (1999) Analisis Penggunaan Vertikal Drain Dan Preloading Pada Lahan Reklamasi Di Unit Terminal Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4392100026-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Akibat peningkatan arus barang dengan menggunakan peti kemas maka diperlukan perluasan lapangan penumpukan peti kemas di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Karakteristik lapisan tanah dasar di lokasi tersebut didominasi oleh tanah lempung lunak yang cukup dalam sehingga daya dukung tanah dasar sangat kecil. Untuk itu diperlukan usaha perbaikan tanah agar daya dukung tanah dasar mampu menerima beban rencana. Metoda perbaikan tanah yang digunakan adalah kombinasi antara metode preloading dan metode vertikal drain. Permasalahan yang dibahas adalah menganalisis besar dan kecepatan penurunan konsolidasi primer akibat beban preloading dan penggunaan vertikal drain. Besar penurunan akibat beban rencana 6,81 m2 adalah sebesar 1,8328 dan dengan waktu penurunan selama 845 tahun Penurunan int akan dihilangkan atau dikurangi dengan menggunakan preloading dengan tinggi 5,5 m. Metode preloading dilakukan secara bertahap. Untuk mempercepat proses konsolidasi digunakan vertikal drain jenis colbond CX-1000 dengan pola pemasangan segi tiga dan berjarak 1,47 m. Besar penurunan akibat preloading dan vertikal drain setelah 9 bulan adalah 1,7863 m. Dengan sisa timbunan sebesar 3,7137 m, maka rencana elevasi akhir ^2,0 m masih dapat terpenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 624.151.362 Adi a
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 12 Mar 2018 04:23
Last Modified: 12 Mar 2018 04:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51512

Actions (login required)

View Item View Item