Analisa Terjadinya Penurunan Pada Tiang Pancang Dermaga Kitadin, Tenggarong, Kaltim

Sutan, Hery M (2000) Analisa Terjadinya Penurunan Pada Tiang Pancang Dermaga Kitadin, Tenggarong, Kaltim. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4394100005-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini akan menganalisa terjadinya penurunan pada tiang pancang dermaga kitadin, Kalimantan timur. Penurunan tiang pancang sedalam 20 cm sehingga struktur menjadi miring, maka untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal diperlukan langkah perbaikan struktur berdasarkan faktor penyebab utama dan untuk mengetahui faktor tersebut dilakukan analisa perhitungan beban yang berkerja pada dermaga dan daya dukung tanah pada lokasi bor 1 dan 2, beban yang bekerja berupa beban arus, angin, impact barge dan beban dari berat struktur mati serta muatan curah yaitu batu bara. Perhitungan beban dilakukan dengan analisa statis dan berdasarkan data-data sekunder dari lapangan dan literatur. Perhitungan untuk beban arus, impact barge dan daya dukung vertikal tanah menggunakan metode Tomlinson, beban angin dihitung menggunakan standart DnV, sementara untuk perhitungan daya dukung lateralnya menggunakan metode Brotns. Dari analisa perhitungan yang dilakukan diperoleh beban lateral maksimal lebih kecil dari daya dukungnya, sedangkan beban vertikal maksimal yang berkerja pada tiang pancang melebihi kapasitas daya dukung vertikal dari tanah area bor 2, sehingga terjadi penambahan tegangan yang berlebihan dan setelah dilakukan perhitungan penurunan akibat beban tersebut didapat; tanah pada area bor 2 akan mengalami penurunan konsolidasi normal sebesar 48 cm, sehingga diketahui bahwa beban vertikal dari cap struktur merupakan faktor penyebab utama penurunan tiang pancang pada kasus ini. Berdasar kati hal tersebut direkomendasikan metode perbaikan struktur dengan menambah cap pendukung dan 4 tiang pancang tambahan menggunakan metode Johnson, dan dari hasil perhitungan penambahan komponen struktur tersebut, daya dukung vertikal tanah bertambah dari 1.515,35 KN menjadi 2.273,03 KN sehingga struktur menjadi stabil dan terhindar dari penurunan tiang pancang yang berlebihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 624.154 Sut a
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM362 Hydrofoil boats.
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 12 Mar 2018 07:33
Last Modified: 12 Mar 2018 07:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51514

Actions (login required)

View Item View Item