Analisa keandalan sistem kabel bawah laut akibat jangkar kapal menggunakan metode simulasi Monte Carlo

Febriyanto, Paulus (2000) Analisa keandalan sistem kabel bawah laut akibat jangkar kapal menggunakan metode simulasi Monte Carlo. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4394100048-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4394100048-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini membahas tentang analisis keandalan sistim kabel bawah laut akibat bahaya jangkar kapal. Hal ini dilakukan karena kabel penyalur aliran listrik untuk keperluan seluruh Pulau Madura berada pada alur pelayaran ramai dimana peluang terkena jangkar tinggi.
Analisis keandalan dengan metode simulasi Monte Carlo menggunakan perangkat lunak Monte Carlo Simulation terhadap daerah larangan jangkar (tercatat pada peta) dengan moda kegagalan seretan dan penetrasi jangkar tidak melebihi harga rata-rata 12 m dan 5 m telah dilakukan dan menghasilkan angka keandalan yang tinggi yaitu 0.9966, namun tidak cukup efektif mengamankan kabel disebabkan pengawasan terhadap daerah yang luas (2207435 m') sulit dilakukan. Sehingga pembuatan daerah konsentrasi pengawasan (daerah bahaya jangkar-disediakan untuk seretan jangkar-) selebar 12 m pada kedua sisi kabel perlu dilakukan dan menghasilkan angka keandalan 0.781614.
Hasil analisis kepekaan menunjukkan bahwa kecepatan arus, panjang daerah bahaya jangkar dan panjang kapal adalah tiga peubah dasar yang paling mempengaruhi peluang kegagalan daerah bahaya jangkar dimaksud, sehingga menaikkan lebar daerah menjadi sekitar sepertiga panjang kapal (33 m) merupakan langkah terbaik yang dapat dilakukan, terbukti menghasilkan angka keandalan yang cukup tinggi 0.999978.
Hasil di alas menunjukkan bahwa angka keandalan sistim yang tinggi tidak selalu dapat menjamin keselamatan sistim di lapangan bila tinjauan terhadap sistim dimaksud tidak cukup memperhatikan hal-hal lain yang ada di lapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 621.319 34 Feb a
Uncontrolled Keywords: kabel bawah laut, bahaya jangkar kapal, undersea cable, submarine cable, Monte Carlo Simulation
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Eny Widiastuti -
Date Deposited: 13 Mar 2018 02:46
Last Modified: 13 Mar 2018 02:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51516

Actions (login required)

View Item View Item