Studi Perhitungan Beban Gelombang Pada Struktur Tiang Pancang (Pile Structure) Menggunakan Konsep CFD Dan Finite Element Analysis

Anam, Chairul (2000) Studi Perhitungan Beban Gelombang Pada Struktur Tiang Pancang (Pile Structure) Menggunakan Konsep CFD Dan Finite Element Analysis. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4395100040-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
4395100040-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Di dalam Tugas Akhir ini dilakukan analisa perhitungan hehan
gelombang pad a 1 iang pancang dengan variasi hentuk geometri berupa kubus dan
silinder. Anahm ini mempergunakan konsep Computational Fluid Dynamics
(CFD) dan Finite Element Methods. So.fiware CFX-5 sebagai modu/ dari CFD
digunakan untuk menghitung behan gelombang yang beke1ja pada struktur. Has if
CFX ini dipakai sehagai input dari MSc Nastran untuk melakukan analisa
struktur.
Studi kasus yang telah dilakukan pada struktur liang pancang dengan
panjang mencapai -12,65 .fi dengan kedalaman perairan sebesar -13 .ft dan
kecepatan air /aut di permukaan sebesar 1.1 m/s. Pile silinder memiliki diameter
sebesar 2,5 .fi dan ketebalan pile mencapai I inch. Pile kubus memiliki pw~;ang
sisi sebesar 2,5 fl dan ketebalan sebesar 1 inch. Kecepatan.fluida yang bekerja
pada sistem computational domain memiliki distribusi yang terbalik terlwdap
kedalaman. Semakin besar kedalamannya semakin kecil pula kecepatannya.
Aliran yang hekerja pada pile silinder memiliki nilai koejesien turbulen (y ')
sebesar 1,9 sedung puda pile kubus / mencupui 68,2. Hal ini menunjukan bahwa
semakin tajam penampang luasan yang lerkena a/iran semakin besar
kemungkinan lerjudinya ulekan pada Jaerah sekitar strukwr.
Selm?jutnya analisa kekakuan slruktur dengun memberikan beban pada
struktur yang diperoleh Juri perhilungan C1·X. Pile silinder mengulami
di.\plasemen sebesar 0, 789 m, sedangkan pile kubus mengalami di.\plasemen
sebesar 4,1706 m pada masing-masing ujung hebasnya. Berdasarkan haltersebut
dapat diketahui balzwa semakin t«fam bentuk geometri suatu struktur semakin
kecil pula kekakuunnya. Pile silinder memiliki beberapa keunggulan yang lebih
baik dibandingkan dengan pile kubus berdasarkan Jari ulekan akibat a/iran
fluida dan kekakuanm~ya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.98 Ana s
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 15 Mar 2018 07:20
Last Modified: 15 Mar 2018 07:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51540

Actions (login required)

View Item View Item