Studi Perhitungan Beban Gelombang Pada Struktur Tiang Pancang (Pile Structure) Menggunakan Konsep CFD Dan Finite Element Analysis

Anam, Chairul (2000) Studi Perhitungan Beban Gelombang Pada Struktur Tiang Pancang (Pile Structure) Menggunakan Konsep CFD Dan Finite Element Analysis. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4395100040-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Di dalam Tugas Akhir ini dilakukan analisa perhitungan hehan gelombang pad a 1 iang pancang dengan variasi hentuk geometri berupa kubus dan silinder. Anahm ini mempergunakan konsep Computational Fluid Dynamics (CFD) dan Finite Element Methods. So.fiware CFX-5 sebagai modu/ dari CFD digunakan untuk menghitung behan gelombang yang beke1ja pada struktur. Has if CFX ini dipakai sehagai input dari MSc Nastran untuk melakukan analisa struktur. Studi kasus yang telah dilakukan pada struktur liang pancang dengan panjang mencapai -12,65 .fi dengan kedalaman perairan sebesar -13 .ft dan kecepatan air /aut di permukaan sebesar 1.1 m/s. Pile silinder memiliki diameter sebesar 2,5 .fi dan ketebalan pile mencapai I inch. Pile kubus memiliki pw~;ang sisi sebesar 2,5 fl dan ketebalan sebesar 1 inch. Kecepatan.fluida yang bekerja pada sistem computational domain memiliki distribusi yang terbalik terlwdap kedalaman. Semakin besar kedalamannya semakin kecil pula kecepatannya. Aliran yang hekerja pada pile silinder memiliki nilai koejesien turbulen (y ') sebesar 1,9 sedung puda pile kubus / mencupui 68,2. Hal ini menunjukan bahwa semakin tajam penampang luasan yang lerkena a/iran semakin besar kemungkinan lerjudinya ulekan pada Jaerah sekitar strukwr. Selm?jutnya analisa kekakuan slruktur dengun memberikan beban pada struktur yang diperoleh Juri perhilungan C1·X. Pile silinder mengulami di.\plasemen sebesar 0, 789 m, sedangkan pile kubus mengalami di.\plasemen sebesar 4,1706 m pada masing-masing ujung hebasnya. Berdasarkan haltersebut dapat diketahui balzwa semakin t«fam bentuk geometri suatu struktur semakin kecil pula kekakuunnya. Pile silinder memiliki beberapa keunggulan yang lebih baik dibandingkan dengan pile kubus berdasarkan Jari ulekan akibat a/iran fluida dan kekakuanm~ya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.98 Ana s
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 15 Mar 2018 07:20
Last Modified: 15 Mar 2018 07:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51540

Actions (login required)

View Item View Item