Perancangan dan Pembuatan Perangkat Lunak Pembangkit Terrain Map dengan Metode Fraktal Berbasiskan OpenGL

Muzakir, Anas (1999) Perancangan dan Pembuatan Perangkat Lunak Pembangkit Terrain Map dengan Metode Fraktal Berbasiskan OpenGL. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2693100010-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2693100010-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview

Abstract

Grafika komputer saat ini telah menjadi salah satu element dalam visualisasi berbagai macam obyek. Banyak algoritma yang dikembangkan untuk menghasilkan ibar yang efektif, cepat, dan sesuai dengan realita. Salah satu dari algoritma tersebut adalah metode fraktal yang digunakan untuk menghasilkan gambar yang mendekati kemiripan dengan obyek permukaan alam. Dari segi perangkat lunak telah banyak dikembangkan paket grafik, salah satunya adalah OpenGL yang dikembangkan oleh Silicon Graphics lnc. OpenGL yang telah menjadi salah satu standar dalam pemrosesan grafika komputer.
Metode fraktal menggunakan sifat self-similarity, dimana tiap-tiap bagian dari ek fraktal mempunyai kesamaan bentuk dengan skala yang berbeda. Hal ini, yang menjadikan fraktal banyak digunakan untuk merepresentasikan permukaan alam.
Pembuatan termin map dilakukan dengan mendefinisikan nilai ketinggian uk tiap titik. Setelah data ketinggian didapat maka gambar dari terrain tersebut dapat ditampilkan baik dalam bentuk gambar rangka (wire frame), dan gambar yang warna dengan proses rendering. Proses rendering yang dilakukan dimulai dengan mberikan warna untuk ketinggian tertentu dengan metode Gouraud shading, frah proses pewarnaan dilakukan maka didapatkan tekstur yang dapat diterapkan uk berbagai macam data ketinggian yang berbeda.
Gambar yang dihasilkan oleh perangkat lunak menunjukkan bentuk mukaan yang mendekati kenyataan pada alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Muz p
Uncontrolled Keywords: perangkat lunak, terrain map, metode fraktal, openGL, software
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Eny Widiastuti -
Date Deposited: 16 Mar 2018 04:45
Last Modified: 16 Mar 2018 07:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51544

Actions (login required)

View Item View Item