Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Perencanaan Kebutuhan SDM Kesehatan Propinsi Jawa Timur Dengan Metode Wisn (Workload Indicator Staff Need)

Tri, Anggraeni (2006) Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Perencanaan Kebutuhan SDM Kesehatan Propinsi Jawa Timur Dengan Metode Wisn (Workload Indicator Staff Need). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5202100018-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Perencanaan kebutuhan SDM merupakan salah satu unsur penting dalam pengelolaan sumber daya manusia, termasuk SDM kesehatan. Dengan perencanaan kebutuhan SDM yang tepat dan terpenuhinya kebutuhan tersebut, semua pelayanan kesehatan yang diperlukan masyarakat akan terpenuhi sehingga mendorong terciptanya kesejahteraan masyarakat. Menteri Kesehatan Republik Indonesia telah menetapkan sebuah metode standar untuk merencanakan kebutuhan SDM di sarana-sarana kesehatan, salah satunya dengan Metode WISN (Workload Indicator Staff Need). Metode ini merencanakan kebutuhan SDM kesehatan berdasarkan beban kerja kategori SDM. Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur sebagai fungsi tertinggi pengkoordinasian bidang kesehatan, telah melakukan sosialisasi pada sarana-sarana kesehatan di Jawa Timur untuk melakukan perencanaan kebutuhan SDM kesehatan dengan metode ini. Akan tetapi baru beberapa sarana kesehatan yang telah melaksanakan perencanaan ini dan menyampaikan laporannya kepada Dinas Kesehatan Propinsi. Hal ini dikarenakan banyaknya pendataan yang harus dilakukan dan pengiriman data yang tidak efisien. Perencanaan kebutuhan SDM ini masih dilakukan dengan cara manual dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan pengiriman laporan dilakukan secara langsung ke Dinas Kesehatan Propinsi atau dengan bantuan fde attachment pada internet. Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang dan membuat sistem informasi berbasis web yang membantu perencanaan kebutuhan SDM tersebut dengan memberikan kemudahan pada pendataan dan perencanaannya, serta kemudahan diaksesnya laporan-laporan hasil perencanaan Pengembangan aplikasi dimulai dengan identifikasi kebutuhan sistem. Berdasarkan kebutuhan tersebut dilakukan perancangan sistem, yang dimodelkan dengan UML. Pembuatan aplikasi berdasarkan perancangan sistem tersebut dilakukan pada lingkungan web dengan PHP, Javascript, dan DBMS MySQL. Setelah itu dilakukan uji coba untuk mengetahui jalannya proses, kecepatan proses, dan kebenaran laporan hasil perencanaan kebutuhan SDM dari aplikasi dan laporan yang dihasilkan dengan cara manual. Hasil tugas akhir ini berupa sistem informasi yang menyediakan fasilitas untuk merencanakan kebutuhan SDM dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan dalam Metode WISN dan menampilkan hasil dari setiap langkah tersebut serta laporan hasil akhir perencanaan kebutuhan SDM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 005.74 Tri p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 19 Mar 2018 07:37
Last Modified: 19 Mar 2018 07:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51569

Actions (login required)

View Item View Item