Abdullah, Akhmad (1996) Tinjauan teknis kerusakan yang terjadi pada dermaga penyeberangan selat Madura di Tanjung Perak Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4391100026-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (14MB) | Preview |
Abstract
Faktor yang paling sering mengakibatkan terjadinya kerusakan yang fatal adalah
karena tidak diperhatikannya hal-hal yang kecil yang sebenamya mempunyai pengaru
kinerja pada suatu sistem. Seperti halnya yang terjadi pada dermaga II Ujung Surabaya
bahwa kerusakan-kerusakan yang terjadi sebenarnya tidak mempengaruhi kinerja dari
dermaga , tetapi hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja, untuk itu perlu dicari faktor
penyebab dan bagaimana cara penanggulangannya.
Dari perhitungan beban-beban yang bekerja pada dermaga koison, maka harga beban
statis adalah 1.409,3 ton dan beban dinamis adalah 745,8 ton, kemudian beban yang
diakibatkan oleh kapal yang bersandar adalah 973,4 ton. Dari ketiga beban tersebut jika
dijumlahkan dihasilkan beban sebesar 3.128,5 ton, hal ini berarti masih dibawah dari beban
yang diijinkan yaitu sebesar 10.000 ton. Kemudian besar gay a dan tegangan yang bekerja
pada pile dapat ditentukan yaitu 98 KN dan 131 .320, 12 KN/m2, harga inipun masih dibawah
dari beban yang diijinkan yaitu sebesar 150 KN dan 201.000 KN/m2
Selain faktor umur yang mencapai 15 sampai dengan 20 tahun, frekuensi dan besar
beban yang bekerja pada dermaga. maka ada faktor lain yaitu pemasangan fender.
Pemasanngan fender tidak hanya berfungsi pada dermaga tetapi sebagai pengaman kapal
agar kapal tidak rusak. Dengan menentukan energi impact yang terbesar yaitu E = 0.272
ton.m sampai dengan 2.2 ton.m. maka dapat ditentukan jenis fender dengan model
cylindrical dengan ukuran diameter ( 250 x 125 ). ( 300 x 150 ). dan ( 500 x 250 ) dalam
ukuran mm.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSKe 627.131 Abd t |
Uncontrolled Keywords: | kerusakan, dermaga, selat Madura, fender, pier |
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Eny Widiastuti - |
Date Deposited: | 23 Mar 2018 05:49 |
Last Modified: | 23 Mar 2018 05:49 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/51625 |
Actions (login required)
View Item |