Prianto, Yohanes Tri (2015) Analisis Temperatur Dan Sistem Pengkondisian Udara Pada Kereta Eksekutif Malam Bangunkarta. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2412106004-Undergradutae Thesis.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Telah dilakukan analisis temperatur dan kelembapan udara
relatif pada kereta eksekutif malam Bangunkarta. Temperatur ruang
kereta selama perjalanan dari Surabaya menuju jakarta rata – rata 19,47
0C dengan RH 76,07 %. Kondisi Temperatur dan RH aktual akan
direkayasa kenyamanan termal agar mencapai standar SNI. Melakukan
Perhitungan beban pendingin, untuk mengetahui sumber – sumber
beban pendingin dalam ruang kereta. Beban internal yang terdiri dari
beban penumpang, peralatan elektronik dan pencahayaan menyumbang
beban kalor internal sebesar 39.606,5 W. Sedangkan beban eksternal
yang terdiri dari beban konduksi, beban partisi lantai, beban radiasi
jendela dan ventilasi menyumbang beban kalor eksternal sebesar
201.932,12 W. Berdasarkan kondisi tersebut dilakukan juga perhitungan
OTTV (Overall Thermal Transfer Value) untuk melihat besarnya OTTV
pada selubung bangunan ruang kereta, dalam penelitian ini diasumsikan
perhitungan OTTV dalam ruang kereta yang bergerak sama dengan
perhitungan ruang bangunan permanen, hanya perhitungan dilakukan
per jam waktu kereta berhenti. Selanjutnya, Simulasi CFD digunakan
untuk mengetahui kontur distribusi temperatur dari ruang kereta.
Penelitian ini telah melakukan 5 variasi simulasi utama yang terdiri dari
model Kereta Bangunkarta dan Desain baru dengan merubah luasan
jendela dan letak AC blower, sehingga didapat simulasi dengan kontur
temperatur yang baik untuk kenyamanan termal. Simulasi KA_2 dan
KA_5 memiliki distribusi temperatur yang baik karena temperatur
menyebar dengan rata pada setiap bidang/ruang kereta.
=======================================================================================================
Analysis of temperature and relative humandity was
conducted on executive night train. Train’s temperature as long as
on trip from Surabaya to Jakarta rate is 19.47 0C and RH is 76.07%.
an actual condition conducted to thermal engineering in order to
achieve standard thermal comfort or SNI. Cooling load calculation
to identifiy the source of cooling load in train. Internal load are
consisting of passenger load, electronic equipment and lighting for
the internal heat load is 39,606.5 W. External load are consisting of
conductionloads, partitions load, windows and vents radiation
burden accounted for external load of 201,932.12 W. Based on the
condition conducted OTTV Value (Overall Thermal Transfer Value)
to find the calculations of room the building envelope OTTV train’s.
The study is assumed OTTV calculation’s to moving train same room
with building calculation, just only the calculations performed by an
hour as long as train’s stop. Then, CFD simulation is used to
determine the contours of temperature distribution on train. The
study has made five major simulation, are consisting of a simple
model Bangunkarta’s train and new designs are changing the glass
area on windows and best place of air conditioning, so the
simulations obtained with good temperature contours for thermal
comfort.. Simulation train KA_2 and KA_5 are having good
temperature distribution due to temperature spread evenly on each
plane / train.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSF 629.040 289 Pri a |
Uncontrolled Keywords: | AC, Beban Pendingin, CFD, dan OTTV |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC271 Temperature measurements |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 29 Mar 2018 07:56 |
Last Modified: | 24 Aug 2018 04:23 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/51656 |
Actions (login required)
View Item |