Analisis Temperatur Dan Sistem Pengkondisian Udara Pada Kereta Eksekutif Malam Bangunkarta

Prianto, Yohanes Tri (2015) Analisis Temperatur Dan Sistem Pengkondisian Udara Pada Kereta Eksekutif Malam Bangunkarta. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2412106004-Undergradutae Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan analisis temperatur dan kelembapan udara relatif pada kereta eksekutif malam Bangunkarta. Temperatur ruang kereta selama perjalanan dari Surabaya menuju jakarta rata – rata 19,47 0C dengan RH 76,07 %. Kondisi Temperatur dan RH aktual akan direkayasa kenyamanan termal agar mencapai standar SNI. Melakukan Perhitungan beban pendingin, untuk mengetahui sumber – sumber beban pendingin dalam ruang kereta. Beban internal yang terdiri dari beban penumpang, peralatan elektronik dan pencahayaan menyumbang beban kalor internal sebesar 39.606,5 W. Sedangkan beban eksternal yang terdiri dari beban konduksi, beban partisi lantai, beban radiasi jendela dan ventilasi menyumbang beban kalor eksternal sebesar 201.932,12 W. Berdasarkan kondisi tersebut dilakukan juga perhitungan OTTV (Overall Thermal Transfer Value) untuk melihat besarnya OTTV pada selubung bangunan ruang kereta, dalam penelitian ini diasumsikan perhitungan OTTV dalam ruang kereta yang bergerak sama dengan perhitungan ruang bangunan permanen, hanya perhitungan dilakukan per jam waktu kereta berhenti. Selanjutnya, Simulasi CFD digunakan untuk mengetahui kontur distribusi temperatur dari ruang kereta. Penelitian ini telah melakukan 5 variasi simulasi utama yang terdiri dari model Kereta Bangunkarta dan Desain baru dengan merubah luasan jendela dan letak AC blower, sehingga didapat simulasi dengan kontur temperatur yang baik untuk kenyamanan termal. Simulasi KA_2 dan KA_5 memiliki distribusi temperatur yang baik karena temperatur menyebar dengan rata pada setiap bidang/ruang kereta. ======================================================================================================= Analysis of temperature and relative humandity was conducted on executive night train. Train’s temperature as long as on trip from Surabaya to Jakarta rate is 19.47 0C and RH is 76.07%. an actual condition conducted to thermal engineering in order to achieve standard thermal comfort or SNI. Cooling load calculation to identifiy the source of cooling load in train. Internal load are consisting of passenger load, electronic equipment and lighting for the internal heat load is 39,606.5 W. External load are consisting of conductionloads, partitions load, windows and vents radiation burden accounted for external load of 201,932.12 W. Based on the condition conducted OTTV Value (Overall Thermal Transfer Value) to find the calculations of room the building envelope OTTV train’s. The study is assumed OTTV calculation’s to moving train same room with building calculation, just only the calculations performed by an hour as long as train’s stop. Then, CFD simulation is used to determine the contours of temperature distribution on train. The study has made five major simulation, are consisting of a simple model Bangunkarta’s train and new designs are changing the glass area on windows and best place of air conditioning, so the simulations obtained with good temperature contours for thermal comfort.. Simulation train KA_2 and KA_5 are having good temperature distribution due to temperature spread evenly on each plane / train.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSF 629.040 289 Pri a
Uncontrolled Keywords: AC, Beban Pendingin, CFD, dan OTTV
Subjects: Q Science > QC Physics > QC271 Temperature measurements
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 29 Mar 2018 07:56
Last Modified: 24 Aug 2018 04:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51656

Actions (login required)

View Item View Item