Pengaruh Arus Perlindungan Katodik Terhadap Adhesivitas Cat Sebagai Upaya Untuk Pencegahan Korosi Pada Pelat Lambung Kapal (Baja SS-41)

Maulana, M. Fauzi (2001) Pengaruh Arus Perlindungan Katodik Terhadap Adhesivitas Cat Sebagai Upaya Untuk Pencegahan Korosi Pada Pelat Lambung Kapal (Baja SS-41). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4193100050-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Pencegahan korosi yang diterapkan dalam dunia perkapalan sangat bervariasi, diantaranya dengan menggunakan pelapisan dengan pengecatan dan dengan perlindungan katodik, baik secara SACP maupun ICCP. Dengan mengikuti prosedur yang tepat, maka ICCP akan memberi perlindungan terhadap korosi dalam jangka waktu yang lama. Tetapi jika potensial perlindungan yang diberikan terlalu negatif, maka justru merusak sistem cat (adhesivitasnya menurun). Dalam penelitian ini akan dicari potensial dan arus yang memberi perlindungan optimal sehingga tidak akan mengganggu adhesivitas. Cat yang digunakan adalah cat lambung kapal untuk daerah dibawah garis air. Material uji yang digunakan terlebih dulu diberi perlakuan elektrokimia dengan memvariasikan potensial antara -800 mV SCE sampai -925 mV SCE. Uji adhesivitas yang dilakukan dengan menggunakan ASTM D4541 Dolly pull off. Hasil pengujian adhesivitas menunjukkan kekuatan kerekatan cat adalah 39 Kg/ cm2 (tanpa perlakuan perlindungan katodik), dan turun mencapai 8,25 Kgjcm2 atau 21,15% hingga 19,2 Kg/cm2 atau 49,23% dari kuat tarik semula. Dari beda potensial yang diberikan, perlindungan katodik yang paling optimum terjadi pada -800 Mv SCE sampai -825 mV SCE. ============================================================ Painting and cathodic protection, either SACP or ICCP are commonly needed to prevent corrosion in shipbuilding. By following the right procedure, Impressed Current Cathodic Protection will give long last protection against ship hull. On the other hand, giving too negative potential will reduce paint adhesivity. • In this research, experiment were carried out to find the value of protection potential and current that give the optimum protection without reducing paint adhesivity. The electrochemical were treated with potential variation between -800 mV SCE to -925 mV SCE. Paint adhesivity were tested by using ASTM D-4541 Dolly pull off adhesion tester. The Adhesivity test result shows that paint adhesivity is 39 Kg/ cm2 (without cathodic protection treatment) and reduce to between 8,25 Kgjcm2 or 21,15°/o until 19,2 Kgjcm2 or 49,23%. From the potential has been given, the optimum potential of cathodic protection occurs at -800 mV SCE to -825 mV SCE.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.848 Mau p
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 02 Apr 2018 07:26
Last Modified: 02 Apr 2018 07:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51664

Actions (login required)

View Item View Item