Pengaruh Variasi Tegangan Terhadap Performa Prototip Non Thermal Plasma-Katalis Besi Dalam Mereduksi Emisi NOX

Wijanarko, Usman (2006) Pengaruh Variasi Tegangan Terhadap Performa Prototip Non Thermal Plasma-Katalis Besi Dalam Mereduksi Emisi NOX. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4200100001-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

NOx merupakan salah satu produk pembakaran motor diesel yang banyak diperhatian oleh para ahli. Hal ini dikarenakan dampak yang diakibatkan oleh NOx sangat serius baik bagi manusia maupun alam karena dapat menyebabkan hujan asam, infeksi dada dan lain sebagainya. Sehingga dilakukan berbagai upaya oleh peneliti untuk meminimalkan emisi NOx yang salah satunya dengan menggunakan kombinasi antara Non Thermal Plasma dengan Katalis Besi. Non Thennal Plasma menggunakan energi yang berasal dari suplai tegangan untuk mengonversi gas NO menjadi N02. Dan peranan katalis besi adalah mengikat atom 0 2 dari N02 yang kemudian melepaskan N2 ke atmosfer. Fe02 yang terbentuk lalu 0 2 nya diikat oleh atom C sehingga membentuk C02 dan katalis besi (Fe) kembali dalam keadaan semula. Faktor yang sangat berpengaruh dalam mereduksi NOx dalam pengerjaan tugas akhir ini adalah suplai tegangan pada prototip. Oleh karenanya pada tugas akhir ini dilakukan variasi tegangan mulai 10227 volt, 12000 volt dan 15000 volt dengan tujuan mencari tegangan yang sesuai bagi prototip. Hasilnya menunjukan bahwa semakin besar tegangan yang diberikan pada prototip Non Thermal Plasma - Katalis Besi memperoleh hasil yang semakin baik dalam mereduksi emisi NOx. Suplai tegangan 15000 volt mendapatkan nilai NOx sebesar 3,468 dan 3,346 gr/kWh pada kedua kondisi percobaan. Tegangan 10227 volt dan 12000 volt memperoleh hasil berturut-turut sebagai berikut 4,547 , 4,521 gr/kWh untuk uji torsi maksimum serta 3,620, 4,165 gr/kWh untuk uji daya maksimum. ============================================================ Emission NOx is one of produce combustion of diesel engine which have attended by expert. Effect of NOx emission to human being and earth very serious because NOx can cause a acid rain, infection of lungs etc. So many effort have done by reseacher to reduce NOx which combination of Non Thermal Plasma with iron catalyst is one of them. Non Thermal Plasma use the energy from voltage supply to convert NO gas to N02. For binding 0 2 atom from N02 have done by iron catalyst and release N2 to atmosphere. 0 2 atom from Fe02 have binded by C atom so the result is C02 and iron catalyst back to the first condition. The most influence factor in doing the final project is electrical energy (voltage supply) to the prototype. So in this final project have done the valtage variation from 102 27 volt, 12000 volt and 15000 volt to seek a match voltage for a prototype. The results show a higher voltage which given to a prototype get the best result for reducing emission NOx. 15000 volt have value NOx 3,468 and 3,3./6 gr kWh at both conditions. 10227 volt and 12000 volt have the results as -1,5-17 , -1,521 gr kWh at maximum torque condition and 3,620, 4,165 grlkWh at maximum power condition.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.872 36 Wij p
Uncontrolled Keywords: Non Thennal Plasma, NOx, Iron catalyst, Voltage.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ324.5 Fuel systems
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 03 Apr 2018 02:56
Last Modified: 03 Apr 2018 02:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51673

Actions (login required)

View Item View Item