Penerapan Non-Thermal Plasma Treatment Untuk Meningkatkan Efektifitas Katalis Tembaga Dalam Mereduksi Emisi NOx Gas Buang Motor Diesel

Muskhaf, Faatikhul (2005) Penerapan Non-Thermal Plasma Treatment Untuk Meningkatkan Efektifitas Katalis Tembaga Dalam Mereduksi Emisi NOx Gas Buang Motor Diesel. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4200100057-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4200100057-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Beberapa pakar telah mengembangkan teknologi plasma utuk mereduksi emisi NOx pada motor diesel., beberapa diantaranya telah mencoba mengombinasikan treatment Non-thermal Plasma dengan beberapa jenis katalis seperti alumina, zeolite, dan lain sebagainya, narnun belum dijurnpai kombinasi NTP dengan katalis tembaga murni. Dalarn tugas akhir ini akan dipresentasikan penggunaan Non thermal Plasma treatment yang dikombinasikan dengan katalis tembaga mumi untuk mereduksi emisi NOx pada motor diesel. Dengan penarnbahan treatment NTP diharapkan konsentrasi emisi NOx akan lebih banyak lagi yang dapat direduksi. Dalarn tugas akhir ini dibuat prototip kombinasi reactor NTP dan katalis tembaga murni. Hasil dari tugas akhir ini berupa perbandingan konsentrasi kandungan emisi NOx pada tiga macarn kelompok penguj ian yaitu kelompok standar, kontrol katalis, dan kontrol katalis kombinasi dengan NTP. Hasil pengujian dari eksperimen yang dilakukan menunjukkan peningkatan penurunan NOx oleh katalis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.872 36 Mus p
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 03 Apr 2018 05:40
Last Modified: 03 Apr 2018 05:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51676

Actions (login required)

View Item View Item