Penggunaan Metode Numerik Untuk Memprediksikan Penjalaran Dan Tinggi Gelombang Tsunami

Sambodho, Kriyo (1997) Penggunaan Metode Numerik Untuk Memprediksikan Penjalaran Dan Tinggi Gelombang Tsunami. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4392100004-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4392100004-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Dalam tugas akhir ini metode numerik digunakan untuk memodelkan penjalaran gelombang dan tinggi gelombang akibat adanya tsunami. Metode penyelesaian numerik eksplisit dengan skema Leap - Frog digunakan untuk menyelesaikan persamaan - persamaan gerak gelombang panjang suku linier, tanpa menyertakan suku gesekan dasar samudera. Penggunaan anggapan pantai sebagai dinding yang rejlektif sempurna digunakan untuk mempermudah perhitungan. Parameter - parameter gempa (Slip, Dip, Strike), dislokasi, keda/aman gempa, serta data bathimetri perairan tempat tsunami terjadi digunakan sebagai masukan untuk penjalaran gelombang tsunami awal yang terjadi, selanjutnya digunakan sebagai masukan data untuk model penjalaran dan tinggi gelombang tsunami. Hasil akhir berupa model penjalaran dan informasi tinggi gelombang dapat diketahui untuk setiap waktu yang te/ah ditentukan.
Pada bagian akhir disajikan contoh penggunaan model pada kasus tsunami di Banyuwangi pada bulan Juni 1994. Dari hasil penerapan model di Te/uk Grajagan dan Teluk Rajegwesi didapatkan bahwa penggunaan skema Leap- Frog untuk memodelkan tsunami yang terjadi dapat memenuhi syarat kestabi/an Courant-Frederic-Leuvy (CFL), dan memi/iki akurasi perhitungan yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 551.470 24 Sam p
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC147 Ocean wave power.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 04 Apr 2018 04:10
Last Modified: 04 Apr 2018 04:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51686

Actions (login required)

View Item View Item