Studi Kekuatan Material Baja Terhadap Resiko Kebakaran Pada Plat Main Deck Di Anjungan AW Poleng Kodeco Energy Co, Ltd.

Sasongko, Awang (2002) Studi Kekuatan Material Baja Terhadap Resiko Kebakaran Pada Plat Main Deck Di Anjungan AW Poleng Kodeco Energy Co, Ltd. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4397100003-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4397100003-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini menganalisa kekuatan material baja dari resiko kebakaran yang ditimbulkan oleh kebocoran separator. Diameter kebocoran separator yang dimodelkan adalah 10 mm dan 9 mm. Tebal plat dimodelkan sebagai tebal equivalen antara beam-beam penegar dengan plat. Studi dilakukan dengan memvariasikan besarnya diameter kebocoran separator untuk mendapatkan temperatur kebakaran yang maksimum pada tiap variasi kebocoran separator tersebut.
Pemodelan dan analisa struktur dilakukan dengan bantuan software MSCNastran sedangkan untuk perhitungan beban temperatur dengan menggunakan bahasa pemrograman WATFOR77. Standart kekuatan struktur yang dipakai sebagai acuan kriteria tegangan berdasarkan European Recommendation For Fire Safety Of Steel Structure.
Hasil studi memberikan grafik-grafik karakteristik kebakaran yang meliputi hubungan lama kebakaran dengan temperatur kebakaran, diameter area kebakaran, dan tinggi lidah api. Diameter kebocoran separator I 0 mm memiliki temperatur kebakaran yang lebih rendah, diameter area kebakaran yang lebih luas dan lidah api yang lebih tinggi dibandingkan kebocoran 9 mm. Dengan semakin tingginya temperatur kebakaran dari kebocoran separator 9 mm, struktur plat main deck mengalami kegagalan area yang lebih luas dibandingkan kebocoran separator I 0 mm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.98 Sas s
Subjects: Q Science > QC Physics > QC271 Temperature measurements
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN752.I5 Steel--Heat treatment
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 04 Apr 2018 04:54
Last Modified: 04 Apr 2018 04:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51687

Actions (login required)

View Item View Item