Perencanaan Dan Pembuatan Alat Optimasi Daya Pada Sel Surya Dengan Menggunakan Fuzzy Logic Controller

Djuharto, Yohanes Gunalan (1999) Perencanaan Dan Pembuatan Alat Optimasi Daya Pada Sel Surya Dengan Menggunakan Fuzzy Logic Controller. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2291100070-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi umat manusia sejalan dengan pertumbuhan penduduk yang cukup pesat adalah krisis energi. Salah satu sumber energi altematif yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi adalah energi surya. Penelitian dan percobaan terns dikembangkan untuk memaksimalkan pemanfaatan energy surya ini, selain karena persediaan yang tidak terbatas dan tidak akan habis, juga mempunyai tingkat resiko yang relatif kecil jika dibandingkan dengan pembangkit listrik yang lain. Daya yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tenaga surya ini sangat tergantung dengan kondisi disekitamya seperti terang atau mendung, intensitas matahari untuk tiap kondisi waktu dan juga posisi sel surya itu sendiri terhadap matahari. Dalam tugas akhir ini hendak dibahas khusus mengenai posisi sel surya terhadap matahari, yaitu jika sel surya ini mengalami gangguan perubahan letak, maka alat ini akan mencari kembali posisi yang paling tepat, yaitu tegak lurus dengan arab datangnya sinar matahari, sehingga menghasilkan tegangan dan arus yang maksimal, yang pada akhimya menghasilkan daya yang maksimal pula.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 629.89 Dju p
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK201 Electric Power Transmission
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 05 Apr 2018 08:40
Last Modified: 05 Apr 2018 08:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51697

Actions (login required)

View Item View Item