Analisis Beban Hidrodinamika Pada Struktur Tension Leg Platform (TLP) Dengan Pendekatan Computational Fluid Dynamics (CFD)

Irawan, Mohamad Dedy (2004) Analisis Beban Hidrodinamika Pada Struktur Tension Leg Platform (TLP) Dengan Pendekatan Computational Fluid Dynamics (CFD). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4300100015-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview

Abstract

Pada konstruksi struktur bangunan lepas pantai yang dikenai beban gelombang, banyak fenomena yang terjadi dengan adanya beban fluida berupa gelombang yang mengenai struktur lepas pantai tersebut. Sebagai beban lingkngan paling dominan yang bekerja pada bagian platform ( hull ) struktur Tension Leg Platform ( TLP ), perhitungan beban gelombang hams dilakukan secara lebih akurat. Hal ini dapat dilakukan dengan mempertimbangkan efek interaksi antara kolom dan ponton dari platform TLP melalui model numerik yang cukup representatif. Adapun tugas akhir ini ditujukan secara spesifik untuk mengidentifikasi fenomena fluida yang mengenai platform sebagai main structure yang berhubungan dengan beban gelombang dan sebagai upaya untuk mendapatkan data berupa gaya gelombang maksimum yang mengenai platform dengan variasi dari sudut masuk datangnya fluida. Pemodelan struktur dan bebannya menngunakan software CFX-5.4.1 yang berbasis Comptutational Fluid Dynamics ( CFD ). Untuk menyelesaikan pemodelan dalam tugas akhir ini digunakan Metode Finite Volume ( FVM ) untuk mencari bentuk model yang representatif dalam hal tinjauan proses meshing pada elemennya. Metode Finite Volume ini akan digunakan sebagai dasar menentukkan bentuk meshing elemennya yang menggambarkan adanya suatu nilai tertentu dalam volume elemen yang terdiri dari 4 node per elemen seperti nilai kecepatan, gaya, dan lainlain. Dan diketahui bahwasannya hasil gaya maksimum gelombang dari software meningkat secara periodik seiring dengan meningkatnya nilai Keulegan Carpenter ( KC ), begitu juga dengan perhitungan secara teoritis sehingga trend grafik yang teijadi antara hasil software dengan perhitungan teoritis hampir sama. Tingkat kesalahan yang ada antara perhitungan gaya maksimum secara software dan teoritis pada arah sudut datang 0° dan 90° berkisar antara 1.79-16.6 %, sedangkan untuk arah sudut datang 45° berkisar antara 17.78-36.92%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.98 Ira a
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology > Ocean Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 06 Apr 2018 02:46
Last Modified: 06 Apr 2018 02:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51701

Actions (login required)

View Item View Item