Studi Perlindungan Area Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Akibat Sedimentasi

Nugroho, Yudha Haris (2000) Studi Perlindungan Area Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Akibat Sedimentasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4394100034-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview

Abstract

Dalam Tugas Akhir ini dibahas mengenai perilaku sedimentasi yang terjadi di area pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Dengan mengetahui hal tersebut, maka diketahui apakah area pelabuhan terjadi sedimentasi atau penggerusan dan berapa besarnya. Selain itu diketahui pula apa factor penyebabnya. Sehingga dapat ditentukan solusinya. Analisa yang dilakukan meliputi perhitungan transpor sedimen yang terjadi di area pelabuhan. Metode yang digunakan adalah formulasi dari Bijker, kemudian hasil yang diperoleh dibandingkan dengan data sounding di lapangan. Dari hasil perhitungan dengan metode Bijker diperoleh bahwa transpor sedimen yang bergerak ke Barat sebesar 141.603,54 m3/th. Dan transpor sedimen yang bergerak ke Timur sebesar 73.900,00-i m3/th. Ternyata arus yang bergerak ke Barat mempunyai kecenderungan menggerus dasar !aut, tapi arus yang bergerak ke Timurcenderung mengendapkan material yang dibawa. Sehingga secara umum daerah pelabuhan mengalami penggerusan sebesar 67.703,536 m3/th, dengan kecepatan penggerusan 34,8-i cmlth. Berdasarkan data sounding, di area kolam labuh terjadi sedimentasi dengan kecepatan rata-rata 1,246-2,098 m/th, namun pada area di luar kolam labuh, justru terjadi pengger1fsan berkisar antara 5, 7 5- 61,25 (cm/th). Ada kesesuaian antara hasil perhitungan dengan besar penggerusan dari data sounding. Artinya, secara umum area pelabuhan cenderung terjadi penggerusan. Faktor dominan yang menyebabkan hal ini adalah arus. Adapun terjadinya pengendapan karena liang pancang dermaga tidak efektif lagi untuk lewatnya transpor sedimen dan adanya suplai sedimen dari sungai yang bermuara di dekat area pelabuhan. Untuk menanggulangi masalah sedimenatasi atau meminimalkannya, selain dengan pengerukan, dimungkinkan dibangun suatu konstruksi bangunan pantai yang dapat menahan laju sedimen. Pelaksanaan alternatif solusi ini tentunya disesuaikan dengan kondisi lapangan, lewat suatu studi yang lebih khusus dengan mempertimbangkan faktor teknis operasional dan faktor ekonomisnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 551.303 Nug s
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC357 Harbor Engineering. Piers, quays, and wharves
Divisions: Faculty of Marine Technology > Ocean Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 09 Apr 2018 06:35
Last Modified: 09 Apr 2018 06:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51715

Actions (login required)

View Item View Item