Analisa Berbasis LRFD Atas Pengaruh Eksentrisitas Pada Kekuatan Kaki Jack-Up Tipe Truss K Bracing 4 Chord Akibat Beban Deck

Pramudyo, Aryo (2003) Analisa Berbasis LRFD Atas Pengaruh Eksentrisitas Pada Kekuatan Kaki Jack-Up Tipe Truss K Bracing 4 Chord Akibat Beban Deck. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4398100015-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini menganalisa pengaruh eksentrisi tas kaki jack up tiga kaki tipe truss 4 chord dengan jenis K bracing . Jack up yang dianalisa merupakan jack up Dyvi Gamma yang beroperasi pada kedalaman 76 , 5 m di Laut Utara Tugas akhir ini meneli ti seberapa besar pengaruh eksentrisitas kaki jack up terhadap kekuatan struktur kaki jack up akibat variasi beban deck dan beban gelombang dengan menggunakan aturan API RP-2A LRFD . Eksentrisitas terjadi akibat adanya pengaruh kondisi struktur yang relatif lentur dan juga didukung oleh adanya pengaruh beban deck selain beban terbesarnya yai tu beban gelombang pada saat penurunan kaki jack up ke dasar laut. Ana lisa ini dilakukan melal ui dua tahapan ana lisa yaitu analisa stick model yang bertujuan untuk menentukan gaya reaksi pada kaki . Tahapan yang kedua yai tu adalah analisa detailed model . Pada analisa detailed model dilakukan analisa pada struktur dengan pengaruh gaya-gaya yang dihasilkan pada analisa stick model . Proses analisa ini dilakukan dengan menggunakan bantuan perangka t lunak GT-STRUDL . Hasil dari analisa ini berupa tegangan struktur . Berdasarkan ana lisa didapatkan bahwa eksentrisitas berpotensi memperbesar tegangan pada struktur . Kenaikan tegangan kombinasirata-rata akibat variasi beban deck pada kaki Jack Up adalah 21 , 34% untuk setiap kenaikan eksentrisitas . Jadi berdasarkan hasil analisa , eksentrisi tas pada kaki jack up sangat berpengaruh pada kekuatan struktur dilihat dari kenaikan harga tegangan pada elemen kritis .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.98 Pra a
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology > Ocean Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 09 Apr 2018 06:48
Last Modified: 09 Apr 2018 06:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51716

Actions (login required)

View Item View Item