Model Mixture Survival Spasial pada Angka Lama Sekolah Anak Umur 16-18 Tahun di Jawa Timur tahun 2012

., Jihadil Qudsi S. (2015) Model Mixture Survival Spasial pada Angka Lama Sekolah Anak Umur 16-18 Tahun di Jawa Timur tahun 2012. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
1313201033-Master_Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Analisis survival merupakan analisis mengenai data lama waktu suatu obyek sampai terjadinya peristiwa tertentu yang disebut sebagai failure event. Perkembangan analisis survival cukup pesat hingga diberikan penambahan efek spasial serta pemberian konsep mixture pada model survival. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model survival dengan penambahan konsep mixture dan pertimbangan adanya efek spasial serta mencari variabel-variabel yang mempengaruhi model mixture survival spasial tersebut. Data yang digunakan adalah data skunder dari Badan Pusat Statistik provinsi Jawa Timur, yang merupakan data hasil dari survei sosial ekonomi nasional (susenas) tahun 2012. Variabel respon yaitu angka lama sekolah anak umur 16-18 tahun se Jawa Timur yang menjadi responden pada susenas tahun 2012, sedangkan variabel prediktor untuk menyusun model yaitu jenis kelamin, status perkawinan, status bekerja, tingkat pedidikan kepala rumah tangga, jenis kelamin kepala rumah tangga, rata-rata pengeluaran rumah tangga per kapita , jumlah anggota rumah tangga, dan lokasi tempat tinggal (kota atau desa). Dalam penelitian ini akan ditentukan banyak komponen mixture dengan algoritma RJMCMC, setelah didapat banyak komponen, dilakukan estimasi parameter untuk mencari variabel-variabel yang secara signifikan mempengaruhi variabel respon dengan Gibbs Sampling menggunakan software WinBUGS. Hasil RJMCMC didapat ada 6 komponen mixture yang paling optimum pada data angka lama sekolah dengan variabel-variabel prediktornya. Sedangkan hasil dari Gibbs Sampling didapat bahwa pada setiap komponen mixture, variabel prediktot yang secara signifikan mempengaruhi variabel respon berbeda-beda dan efek spasial dari daerah kabupaten/kota tidak semua secara signifikan mempengaruhi angka lama sekolah anak umur 16-18 tahun. ============================================================================================ Survival analysis is a time data object to certain event that called failure event. This method has quickly development, also mixed with spatial effect and mixture concept given to applied in spatial case. This research aims to get survival model that accommodated mixture concept with spatial effect to determine the influence variable in the model. This model applied on child education time 16-18 years old in East Java. The data came from SUSENAS 2012 by BPS. Variable that predicted influence child education time 16-18 years old are sex, marriage status, working status, head of household’s education, head of household’s sex, per capita income, number of household’s members and residence location. The number of mixture components determine by RJMCMC algorithm and then parameter estimation to determine the influence factors significantly with Gibbs sampling by using WinBUGS. Based on the optimum RJMCMC, there are 6 mixture components on child education time 16-18 years old with the predictor variables. While Gibbs Sampling resulted that each of mixture component has a significant different predictors that influence the response variable and the spatial effect from each region not at all influence child education time 16-18 years old significantly.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTSt 519.546 Jih m
Uncontrolled Keywords: Education time, Survival analysis, Mixture survival spatial, Analisis survival, Angka lama sekolah, RJMCMC
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Q Science > QA Mathematics > QA279.5 Bayesian statistical decision theory.
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (S2) Master Theses
Depositing User: Eny Widiastuti -
Date Deposited: 11 Apr 2018 02:12
Last Modified: 11 Apr 2018 02:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51731

Actions (login required)

View Item View Item