Pengaturan Intensitas Suara Pada Pesawat Penerima Televisi Secara Otomatis Dan Adaptif Dengan Menggunakan Teknologi Elektronika Fuzzy NLX220

Guntjahjanto, Agung (1998) Pengaturan Intensitas Suara Pada Pesawat Penerima Televisi Secara Otomatis Dan Adaptif Dengan Menggunakan Teknologi Elektronika Fuzzy NLX220. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2295100517-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Intensitas suara yang muncul pada pesawat penerima televisi terkadang berbeda untuk tiap-tiap saluran. Jadi setiap kali berpindah saluran, pemirsa juga harus mengatur intensitas suara dari pesawat televisinya kembali, hal ini disebabkan karena daya pancar dan standart kualitas dari masing-masing pemancar yang berbeda, dan juga adanya perubahan kekuatan sinyal yang disebabkan oleh perubahan elektrik dalam lintasan antara antena pemancar dan penerima (jading). Karena teknologi elektronika kontrol otomatis telah berkembang logika fuzzy, maka untuk itu pada tugas akhir ini dirancang sebuah alat pengatur intensitas suara secara otomatis dan adaptif menggunakan teknologi elektronika fuzzy logic controller. Masukan yang dijadikan acuan bagi pengontrol intensitas suara adalah amplitude sinyal suara, yang akan diproses oleh fuzzy logic controller. Kontroler fuzzy yang dipakai adalah NLX220, karena adanya masukan dan keluaran analog sesuai dengan sinyal yang akan dikontrol. Proses pengontrolan intensitas suara dengan menggunakan NLX220 ini mampu melemahkan dan menguatkan sinyal sesuai dengan nilai level sinyal yang diinginkan. Dan dengan pendekatan kontrol PID dengan menggunakan logika fuzzy dapat mempermudah proses perencanaan alat dan sistem menjadi lebih fleksibel hanya dengan merubah rule di dalam external memori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 629.39 Gun p
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5102.9 Signal processing.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 12 Apr 2018 04:26
Last Modified: 12 Apr 2018 04:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51737

Actions (login required)

View Item View Item