Rancang Bangun Perangkat Lunak Virtual Library Di Perpustakaan Pusat ITS Menggunakan Oracle

Nadhori, Isbat Uzzin (2000) Rancang Bangun Perangkat Lunak Virtual Library Di Perpustakaan Pusat ITS Menggunakan Oracle. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2693100042-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
2693100042-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Tuntutan terhadap jumlah dan mutu layanan perpustakaan dari hari ke hari sangat beragam. Layanan tambahan seperti layanan informasi terbaru, layanan informasi terseleksi, layanan penelusuran online, layanan pustaka dalam bentuk karya - karya digital dan layanan yang lainnya menjadi kebutuhan pemakai. Selain jumlah layanan makin banyak, mutu layanan juga dituntut untuk lebih baik. Dalam memberi jawaban atas pertanyaan, pustakawan harus lebih
memuaskan. Pemberian atternatif informasi/artikel atau menunjukkan dimana informasi/artikel tersebut bisa di dapat apabila tidak ditemukannya pada perpustakaan yang bersangkutan akan mengobati kekecewaan pengguna. Penggunaan koleksi secara bersama - sama akan bisa memuaskan pengguna dalam mencari karya yang ia butuhkan. Dalam tugas akhir ini dibuatkan suatu perangkat lunak virtual library yang merupakan sebuah sistem informasi layanan perpustakaan yang memberikan layanan tambahan yang dibutuhkan oleh pengguna dan dapat diakses dimanapun pengguna berada, dan dengan konsep sistem basis data terdistribusi memungkinkan perpustakaan mengakses basis data perpustakaan lain dengan struktur data yang sama. Perancangan sistemnya diambilkan dari sistem yang ada pada UPT Perpustakaan ITS. Dengan adanya perangkat lunak ini, perpustakaan dapat memberikan layanan dengan mudah, cepat dan efisien serta dengan jangkauan yang lebih luas. Dengan kata lain kita bisa melakukan penyebaran informasi dengan jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan kalau krta melakukannya dengan cara konvensional. Penggunaan secara bersama koleksi perpustakaan memberikan alternatif pencarian bagi pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIF 005.1 Nad r
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 12 Apr 2018 06:09
Last Modified: 12 Apr 2018 06:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51740

Actions (login required)

View Item View Item