Analisa Tahanan, Stabilitas Dan Seakeeping Rigid Inflatable Boat

Habibie, Muhammad (2004) Analisa Tahanan, Stabilitas Dan Seakeeping Rigid Inflatable Boat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4197100072-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4197100072-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview

Abstract

Rigid Inflatable Boat (RIB) merupakan salah satu jenis fast craft (kapal cepat) yang akhir-akhir ini bam muncul dalam industri perkapalan. Kapal ini mempunyai bentuk yang unik, dimana bodinya terbuat dari perpaduan antara bahan .karet dan fiberglass. Dalam kaitan penelitian ini dianalisa tahanan, stabilitas dan seakeeping dari Rigid Inflatable Boat, dengan mengambil obyek penelitian salah satu Rigid Inflatable Boat yang telah beroperasi di Kepulauan Seribu. Hasil-hasil yang diperoleh dalam pembahasan ini menunjukkan bahwa pada analisa tahanan, performance terbaik tahanan terletak pada LCG 3% sampai LCG 6% dibelakang midship. Sedangkan tahaoan terbesar terletak pada midship (LCG 0%). Untuk analisa stabilitas, penambahan beban berupa motor sebesar 40 HP dan 12 orang penumpang masih memenuhi k:riteria IMO. Sementara pada analisa seakeeping, untuk daerah pengoperasian RIB di perairan North Coast Pulau Bali pada aliran head sea dengan kecepatan maksimum sudah memasuki wilayah serious (rawan) dan pengoperasian RIB di perairan South Coast Pulau Bali pada aliran bow quartering dan head sea dengan kecepatan maksimum sudah memasuki wilayah serious (rawan ).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.82 Hab a
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM362 Hydrofoil boats.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 17 Apr 2018 05:52
Last Modified: 17 Apr 2018 05:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51754

Actions (login required)

View Item View Item