Studi Pola Transport Sedimen Akibat Pengembangan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya

Jupantara, Dikor (2004) Studi Pola Transport Sedimen Akibat Pengembangan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4398100028-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4398100028-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Tugas Akhir ini membahas pola sedimentasi akibat pengembangan pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Dengan mereklamasi daerah sekitar wilayah teluk Kali-Lamong, Berdasarkan pemodelan dengan SMS versi 6. 0. Beberapa alternatif reklamasi yang diajukan, yaitu model rencana awal dengan membuat 2 reklamasi yang terdapat jarak atau kana/, alternatif pertama dengan menutup jarak atau kana/ tersebut, alternatif kedua dengan memindah pintu pelabuhan penumpang menghadap ke arah barat, alternatif ketiga dengan membuat reklamasi memanjang dimana reklamasi satu disebelah timur dan reklamasi dua disebelah barat. Pada lokasi di sekitar wilayah Hasil pemodelan tersebut diambil 8 titik (node) pada lokasi yang di asumsikan mewakili daerah sekitarnya. Dari lokasi analisa tersebut didapatkan pola arus dan sedimentasi dalam 3 kondisi pasang surut MSL, LWL, dan HWL. Dari hasil running diketahui, konsentrasi penyebaran rata-rata sedimen yang terjadi untuk rencana awal pada kondisi HWL sebesar 0.11093184 kglm3. Kondisi MSL sebesar 0.11095946 kglm3. Kondisi LWL sebesar 0.11095720 kg/m3. untuk alternatif 1 pada kondisi HWL sebesar 0.10797813 kg/m3, Kondisi MSL sebesar 0.10797808 kglm3, Kondisi LWL sebesar 0.10797809 kg!m3, untuk alternatif 2 pada Kondisi HWL sebesar 0.10914024 kglm3, Kondisi MSL sebesar 0.10914276 kg/m3, Kondisi LWL sebesar 0.10914056 kglm3, untuk alternatif 3 pada Kondisi HWL sebesar0.10816963 kg/m3, Kondisi MSL sebesar 0.10817206 kg/m3, Kondisi LWL sebesar 0.10816984 kg!m3. Perubahan rata-rata kontur dasar /aut untuk rencana awal sebesar 0. 08940989 m, untuk alternatif 1 sebesar 0. 07660031 m, untuk alternatif2 sebesar 0.09649975 m, untuk alternatif 3 sebesar 0.08268446 m. Dari hasil tersebut didapatkan bahwa untuk alternatif 1 penyebaran sedimen rata-rata yang terjadi adalah yang paling sedikit, sehingga sesuai untuk pengembangan pelabuhan. Dari hasil studi ini diharapkan dapat memberi masukan dan bermanfaat bagi PT. P ELJNDO 111 dalam us aha pengembangan pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 551.303 Jup s
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC205 Harbors--Design and construction.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 19 Apr 2018 02:25
Last Modified: 19 Apr 2018 02:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51769

Actions (login required)

View Item View Item