Studi Pola Arus Dan Sedimentasi Pada Proyek Pengembangan Terminal Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya-Jawa Timur

Muttaiqn, Djainul (2004) Studi Pola Arus Dan Sedimentasi Pada Proyek Pengembangan Terminal Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya-Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4399100054-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

PT. (PERSERO) Pelabuhan Indonesia III akan melakukan upaya perluasan terminal peti kemas antar pulau yang terletak di sebelah utara lapangan peti kemas (container yard) Pelabuhan Tanjung Perak sebagai proyek lanjutan setelah adanya proyek reklamasi di muara Kali Lamong. Dengan adanya pengembangan yang akan dilakukan, perlu adanya analisa mengenai pemahaman proses fisik perairan yang akan terjadi. Hal ini bertujuan agar pengembangan tersebut tidak membawa dampak yang merugikan terutama bagi wilayah sekitar. Studi ini mengkaji pola arus dan sedimentasi dengan menggunakan program bantu SMS 8.0. Simulasi dilakukan dengan membuat empat altematif, yaitu tiga altematif yang didasarkan pada tiga (3) tahap pernbangunan yang telah direncanakan, serta satu (1) lay-out altematif dengan mengasumsikan bahwa ketiga model sebelumnya adalah dalam bentuk permiabel sehingga air masih dapat mengalir di bawahnya. Berdasarkan hasil analisa pola arus dengan menggunakan software SMS yang telah dilakukan pada tiap-tiap model, didapatkan bahwa terjadi perubahan kecepatan arus yang dihasilkan. Dalam hal ini, kecepatan arus yang terjadi pada Model 3 mernpunyai angka paling tinggi untuk kedua titik tinjau arus, yaitu sebesar 1,1375 m/s untuk titik tinjau A (pintu masuk kolam TPS sebelah barat) dan 0,8642 m/s untuk titik tinjau B. Kecepatan arus yang terkecil terdapat pada Model 1, yaitu sebesar 0.0929 m/s untuk titik tinjau A dan 0,0775 m/s untuk titik tinjau B. Sedangkan pada hasil analisa konsentrasi sedimen, untuk nilai konsentrasi sedimen terkecil juga terjadi pada Model 1 untuk tiap-tiap titik tinjau konsentrasi sedimen, sedangkan nilai konsentrasi sedimen terbesar untuk tiap-tiap titik tinjau konsentrasi sedimen adalah bervariasi antara model yang satu dengan yang lainnya. Kemudian hasil studi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi PT.(Persero) Pelabuhan Indonesia III dalam usaha pengembangan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 551.303 Mut s
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC205 Harbors--Design and construction.
Divisions: Faculty of Marine Technology > Ocean Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 19 Apr 2018 07:28
Last Modified: 19 Apr 2018 07:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51775

Actions (login required)

View Item View Item