Analisa Pengaruh Heat Treatment Pada Pengelasan SMAW Baja Kekuatan Tinggi (60 kg/mm2) Terhadap Kekerasan Dan Ketangguhan Lasan

Muhyudi, . (1996) Analisa Pengaruh Heat Treatment Pada Pengelasan SMAW Baja Kekuatan Tinggi (60 kg/mm2) Terhadap Kekerasan Dan Ketangguhan Lasan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4914100397-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pada pengelasan baja karbon kekuatan tinggi ( High Tensile Steel ) memiliki resiko terjadinya pengrusakan sifat daerah las yang lebih besar jika dibanding pengelasan baja lunak (Mild Steel). Pengrusakan sifat daerah las ini meliputi perubahan struktur daerah las, retak las, dan penggetasan daerah las. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pengrusakan sifat daerah las tersebut antara lain pengerasan daerah HAZ dan weld metal, hidrogen difusi pada daerah HAZ dan terj adinya tegangan pada sambungan las. Dari teori -teori yang ada menyimpulkan bahwa pemberian perlakuan panas pada proses pengelasan baja karbon kekuatan tinggi merupakan altematifyang paling tepat dalam usaha memperkecil pengrusakan sifat daerah la'3. Dalam penelitian Tugas Akhir ini dilakukan analisa pengaruh perlakuan panas pada pengelasan baja karbon kekuatan tinggi ( 60 kglmm2) terhadap kekerasan dan ketangguhan hasil las. Dan dalam menganalisa ini dilakukan dengan cara membandingkan dari tiga macam specimen dengan perlakuan panas yang berbeda pada proses pengelasannya Perlakuan panas yang dilakukan dalam proses pengelasannya yaitu, untuk specimen pertama mengacu pada Stress Relief Heat Treatment dari A WS , specimen kedua mengacu pada teori-teori dari buku yang ada dan specimen ketiga tanpa perlakuan panas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan perlakuan panas yang paling sesuai untuk pengelasan baja karbon kekuatan tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.843 2 Muh a
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN752.I5 Steel--Heat treatment
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 20 Apr 2018 02:15
Last Modified: 20 Apr 2018 02:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51776

Actions (login required)

View Item View Item