Perancangan dan Pembuatan Perangkat Lunak Aplikasi Case Tool Pemodelan Basis Data Konseptual Untuk RDBMS Oracle Berbasis Web

Mas'udi, Saenal (2004) Perancangan dan Pembuatan Perangkat Lunak Aplikasi Case Tool Pemodelan Basis Data Konseptual Untuk RDBMS Oracle Berbasis Web. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5198100022-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview

Abstract

Perancangan desain sis/em informasi dengan menggunakan pemodelan basis data secara konseptual Ielah dapat dilakukan dengan mudah oleh banyak perangkat lunak di pasaran yang khusus melakukan desain sistem. Perangkatperangkat lunak lersebut merupakan case tool yang honda/ dalam mendesain sis/em, namun pada umumnya perangkat lunak tadi hanya bersifat lokal. Mengingat perkembangan internet yang cepat dan tuntutan untuk t:fisiensi kerja, maka perlu dibual suatu aplikasi case tool berbasis web yang mampu melakukan desain sistem dengan tambahan .fitur:fitur yang belum ada yang disesuaikan dengan lingkungan web, seperli kemampuan mendesain jarak jauh, .fasililas desain secara multi user, auto refresh dan komunikasi antar pengguna. Teknologi !IS ,!SAP!, AcliveX Control dan XML dapal digunakan untuk membuat fitur:fitur diatas. Aplikasi yang dibuat ini menggunakan database ORACLE 8i sebagai dasar untuk desain pemodelan data konseptual dan fisik dan untuk penyimpanan.file}ile data aplikasi. Proses-proses yang lerjadi dalam sis/em ini adalah sehagai berikut. Pengguna melakukan editing diagram dan setiap perubahan yang terjadi akan dikirim ke server unluk kemudian dileruskan ke pengguna yang lain. Proses ini terjadi secara otomatis dan auto refresh. Proses yang soma juga te~jadi ketika pengguna melakukan chatting. Proses penting lainnya adalah melakukan reverse dan forward engineering. Aplikasi akan mengambil model basis data fisik dari database Oracle di server a tau dari .file lokal hasil d.ari perancangan model.fisik atau hasil proses.forward engineering dan hasil reverse tersebut disimpan dalam repository database. Aplikasi yang telah dibuat telah mengalami uji coba fungsionalitas dan kine~ja. Untuk uji coba fungsional hasil yang ditunjukkan Ieiah memenuhi kebutuhan dari pengguna aplikasi. Sedangkan untuk uji coba kinerja, aplikasi mnmpu beryalan dengan kecepatan yang stabil selama perangkal keras dan bandwidth yang digunakan cukup memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIF 005.1 Mas p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 20 Apr 2018 07:19
Last Modified: 20 Apr 2018 07:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51783

Actions (login required)

View Item View Item