Implementasi Metode Pra Proses Data Menggunakan Metode Exante Dalam Pembuatan Aplikasi Penggalian Pola Asosiasi

Anshar, Muhammad (2006) Implementasi Metode Pra Proses Data Menggunakan Metode Exante Dalam Pembuatan Aplikasi Penggalian Pola Asosiasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5201100022-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
5201100022-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview

Abstract

ExAnte merupakan sebuah metode praproses yang mengombinasikan dua buah pembatas dalam penambangan pola asosiasi, yaitu antimonotone dan monotone. Antimonoton merupakan sifat dari penambangan pola dimana apabila nilai support dari sebuah itemset berada dibawah nilai yang telah ditentukan oleh pengguna, maka superset dari itemset tersebut juga tidak akan memenuhi nilai support yang diinginkan. Sifat antimonoton ini berguna untuk memperkecil ruang pencarian yang ada, karena itemset yang tidak memenuhi syarat pada level awal (pola kecil), juga tidak akan memenuhi pada level berikutnya. Kebalikan dari batasan antimonoton disebut batasan monoton, yang dapat diperoleh dengan mencari itemset yang memiliki nilai monotonitas lebih besar dari syarat yang diberikan oleh pengguna.
Dalam Tugas Akhir ini dibuat sebuah aplikasi pencarian pola yangjrequent dengan mengimplementasikan metode praproses data ExAnte. ExAnte bekerja dengan menyinergikan kedua batasan diatas. Sinergi antar dua batasan ini dilakukan dalam dua tahapan proses. Tahapan pertama adalah proses j..l-reduction yang pada dasarnya melakukan penghapusan transaksi-transaksi yang tidak lolos batasan monoton dari dataset transaksi. Tahapan kedua adalah proses a-reduction yang berkaitan dengan proses penghapusan item-item non frequent dari dataset. Dengan adanya penyelarasan dari kedua batasan tersebut, maka keuntungan yang didapatkan dapat lebih besar dari jumlah keuntungan antara keduanya secara individu.
Pada aplikasi yang telah berhasil dibuat, dilakukan uji coba terhadap beberapa jenis data dengan karakteristik yang berbeda. Hasil uji coba menunjukkan bahwa penerapan metode ExAnte secara signifikan mampu mereduksi ukuran dari dataset. Semakin besar nilai batasan baik itu batasan monoton maupun antimonon, persentase reduksi data yang dihasilkan akan ikut meningkat. Dengan kata lain, semakin selektif batasan yang diberikan akan menghasilkan persentase reduksi yang semakin baik. Efek dari reduksi data ini adalah meningkatnya kinerja proses penggalian pola terhadap dataset dengan tanpa kehilangan pola-pola yang menarik.
Kata kunci: penggalian pola, batasan monoton, batasan antimonoton, reduksi mang pencarian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 006.312 Ans i
Uncontrolled Keywords: penggalian pola, batasan monoton, batasan antimonoton, reduksi mang pencarian.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 20 Apr 2018 08:26
Last Modified: 20 Apr 2018 08:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51785

Actions (login required)

View Item View Item