Manajemen Internet Content Di Bidang Perbankan Dan Integrasi Aplikasi Email Untuk Mendukung Enterprise Information Portal Eksekutif

Agustian, Mochammad Risca (2006) Manajemen Internet Content Di Bidang Perbankan Dan Integrasi Aplikasi Email Untuk Mendukung Enterprise Information Portal Eksekutif. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5201100036-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview

Abstract

Pengembangan perangkat lunak Enterprise Information Portal menjadi salah satu media pemenuhan kebutuhan informasi internal maupun ekstemal bagi pengguna. Kebutuhan informasi ekstemal yang diperlukan oleh tingkat eksekutif memang tidak memiliki persentase sebesar kebutuhan informasi internal perusahaan. Akan tetapi, apabila hal tersebut dapat terpenuhi dengan baik maka akan mempengaruhi keputusan strategis yang akan diambil oleh eksekutif. Selain menjadi media informasi, Enterprise Information Portal juga menjadi media komunikasi bagi penggunanya. Penilitian ini berusaha mengembangkan fitur manajemen Internet Content khususnya di bidang Perbankan dan integrasi aplikasi Email untuk mendukung perangkat lunak Enterprise Information Portal untuk eksekutif. Penelitian diawali dengan analisis terhadap definisi kebutuhan sebuah Internet Content dan integrase aplikasi Email dalam Enterprise Information Portal yang dilanjutkan dengan perancangan arsitektur dan domain model yang digunakan. Untuk pengembangan dan pembuatan perangkat lunak, digunakan teknologi open source yaitu Java, framework Tapestry, Jetty sebagai web server dan PostgreSQL sebagai basis data. Uji coba dilakukan dengan proses instalasi, mencoba kombinasi konfigurasi untuk menguji tingkat aktualitas berita-berita dan kombinasi konfigurasi untuk fasilitas pencarian dan personalisasi. Selain itu pengujian dilakukan pada metode berkomunikasi melalui aplikasi email yang terintegrasi. Penelitian ini menghasilkan perangkat lunak yang mampu menjadi media informasi ekstemal, pencarian informasi dan kolaborasi dengan adanya aplikasi email terintegrasi. Dengan adanya Enterprise Information Portal untuk Eksekutif ini diharapkan keputusan strategis yang diambil untuk perusahaan dapat menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 004.678 Agu m
Uncontrolled Keywords: Enterprise Information Portal, Informasi Eksternal, Kolaborasi
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.888 Web sites--Design.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 20 Apr 2018 08:51
Last Modified: 20 Apr 2018 08:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51786

Actions (login required)

View Item View Item