Perencanaan Reparasi Kapal Ferry Untuk Efisiensi Waktu Docking Dengan Metode Flash

Firstdhitama, Wisnu (2018) Perencanaan Reparasi Kapal Ferry Untuk Efisiensi Waktu Docking Dengan Metode Flash. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
4115203008-Master Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai negara kepulauan di Indonesia kapal ferry mempunyai peran yang sangat vital untuk melayani angkutan penumpang dan barang dengan jarak pendek. Pada operasinya armada kapal ferry ini memiliki frekuensi kedatangan dan keberangkatan yang ketat, sehingga waktu dockingnya harus dilakukan sesingkat mungkin dan terjadwal dengan baik. Namun pada kasusnya diperiode spesial docking ini dalam penyelesaiannya masih relatif cukup lama yakni 37 hari untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan reparasi. Pada penelitian ini mengambil studi kasus reparasi kapal penumpang jenis ferry di salah satu galangan kapal di Madura. Permasalahan yang biasa terjadi di galangan kapal adalah penyelesaian pekerjaan kritis, dimana jika terjadi keterlambatan penyelesaian, maka pekerjaan reparasi lainnya juga akan terjadi keterlambatan dalam penyelesaiannya. Dengan demikian dari permasalahan tersebut perlu dilakukan penjadwalan ulang melalui metode FLASH Fuzzy Logic Aplication for Schedulling dimana metode ini lebih sistematis, sederhana dan akurat dalam merencanakan penjadwalan pekerjaan reparasi. Penjadwalan ulang dengan metode FLASH ini dilakukan melalui analisis data historical repair yang sudah ada untuk menentukan waktu yang efisien dalam realisasi pekerjaan, selanjutnya dengan bantuan kuisioner didapatkan nilai tingkat kepercayaan pada beberapa faktor yang mempengaruhi keterlambatan dalam penjadwalan serta kesesuaian class matter. Dengan didapatkan data-data tersebut, selanjutnya dilakukan olah data dengan bantuan software microsoft excel 2010 ,QM-windows versi-4 dan matlab v-2.0. Dari hasil komputasi didapatkan efisiensi waktu dari pekerjaan reparasi dengan pengaturan penjadwalan penyelesaian 25 hari dengan tingkat kepercayaan sebesar 90 persen dan tingkat kesesuaian dari faktor yang mempengaruhi dalam penjadwalan sebesar 39 persen. =========== As an archipelagic country in Indonesia ferry has a very vital role to serve passenger and freight transport with short distance. In operation the fleet of ferry a have tight arrival and departure frequency, the docking time should be done as short as possible and well scheduled. But in the case of this special period of docking in completion is still relatively long enough that is 37 days to complete all the repairs work. This study takes a case study of ferry passenger ship time in a shipyards in Madura. The common problem in the shipyard is time completion of repair critical works, where if there is a delay in settlement, other reparations work will also be delayed in the settlement. Thus from these problems need to be rescheduled through FLASH Fuzzy Logic Application for Scheduling method where this method is more systematic, simple and accurate in planning the scheduling of reparation work. This rescheduling using FLASH method is done by analyzing historical historical data to determine the efficient time in the realization of the work. Furthermore, with the help of questionnaires, it is found that the level of confidence in several factors influences the delay in scheduling and class matter. With the data obtained, then done data though with the help of Microsoft Excel 2010 software, QM-windows version-4 and matlab v-2.0. From the computation results obtained the time efficiency of the reparation work with the arrangement of the scheduling of completion of 25 days with a confidence level of 90 percent and the level of suitability of the factors that affect the scheduling of 39 percent.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode FLASH; Efisiensi waktu docking; Penjadwalan galangan kapal; FLASH method; Efficiency of docking time; Scheduling
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD69.T54 Time management. Scheduling
V Naval Science > VC Naval Maintenance
Divisions: Faculty of Marine Technology > Ocean Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Firstdhitama Wisnu
Date Deposited: 03 Jul 2018 05:07
Last Modified: 03 Jul 2018 05:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51799

Actions (login required)

View Item View Item