Werdhani, Anastasia Sri (2015) Studi Eksperimental Komparasi Buka Tutup Katub Buang (Exhaust Valve) Dan Modifikasinya Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin 4 Langkah Dohc 4 Katub. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2111202005-Master Thesis.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Dewasa ini pemanasan global dan polusi atmosfer sudah menjadi masalah
sosial yang mana salah satu penyebabnya adalah hasil pembakaran dari motor
bakar. Selain itu juga terjadinya krisis energi di dunia dan semakin menipisnya
cadangan minyak bumi yang bearasal dari fosil mendorong dilakukannya inovasiinovasi
dan penelitian- penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan performa
dari mesin dan mengurangi efek emisi gas buang. Salah satunya dengan
menggunakan variable valve timing. Pengujian ini di lakukan untuk mengetahui
pengaruh dari variasi derajat buka tutub katub buang (ekshaust valve) terhadap
unjuk kerja motor bensin 4 langkah DOHC 4 katub serta pengaruhnya terhadap
emisi gas buang.
Pengujian di lakukan secara eksperimental dengan menggunakan motor
bensin 4 langkah DOHC (Double Over Head CamShaft) 4 katub dengan
membandingkan durasi derajat bukaan katub buang (exhaust valve) pada camshaft
standar dan modifikasinya. Pengujian dilakukan dengan cara memvariasikan
derajat bukaan katub buang (exhaust valve) pada camshaft standar dan
modifikasinya dengan menggeser camshaft kearah kanan +150, +100, +50, dan ke
arah kiri -50, -100, -150 dan menutup pada derajat +150, +100, +50, -50, -100, -150,
dan dilakukan dengan menggunakan dyno test.
Dari pengujian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa pada camshaft
standar dengan pergeseran camshaft +50 kearah kanan menunjukan kenaikan
unjuk kerja mesin yang terbaik dengan kenaikan daya sebesar 5% dan torsi
sebesar 1,40% serta sfc mengalami penurunan sebesar 3,2% dibandingkan dengan
camshaft standar. Sedangkan pada camshaft modifikasi, unjuk kerja yang terbaik
ada pada pergeseran +15 kearah kanan dengan kenaikan daya sebesar 9% dan
torsi sebesar 0,26% serta sfc mengalami penurunan sebesar 9% dibandingkan
camshaft modifikasi nol. Namun unjuk kerja camshaft modifikasi tidak lebih baik
dibandingkan dengan camshft standar, karena bila mengiginkan unjuk kerja
camshaft modifikasi yang lebih baik maka yang diubah bukan hanya pergeseran
camshaft saja namun juga diperlukan modifikasi pada sistim karburasi, kompresi
atau kapasitas silinder yang lebih besar guna mendapatkan performa daya dan
torsi yang lebih baik dibanding camshaft exhaust standar.
====================================================================================================
Today global warming and atmospheric pollution has become a social
problem where one of the causes is the result of the combustion of motor fuel. In
addition, the energy crisis in the world and the depletion of oil reserves are
derived from fossil encourage innovations and studies aimed at improving the
performance of the engine and reducing the effects of exhaust emissions. One of
them is by using variable valve timing. This test is done to determine the effect of
variations in the degree of opening and closing of the exhaust valve (valve
ekshaust) on the performance of the motor gasoline 4 stroke DOHC 4 valve and
its influence on exhaust emissions.
Tests carried out experimentally using gasoline motor 4 stroke DOHC
(Double Over Head Camshaft) 4 valve by comparing the duration of the valve
opening degree of the exhaust (exhaust valve) on the standard camshaft and
modifications. Testing is done by varying the degree of opening of the exhaust
valve (exhaust valve) on the standard camshaft and camshaft modifications by
scrolling to the right +150 +100, +50, and to the left -50, -100, -150 and closed at
+100 , +50 , -50, -100, -150, and is done by using a dyno test.
From the tests showed that the standard camshaft with camshaft +50 shift to
the right shows the increase in engine performance is best with a 5% increase in
power and torque of 1.40% and sfc decreased by 3.2% compared to the standard
camshaft. While at camshaft modification, the performance of the best available
on the shift + 150 towards the right with an increase of 9% and top torque of
0.26% and sfc decline of 9% compared camshaft modification zero. However,
performance camshaft modification is not better than the standard camshft,
because if want a performance camshaft modification better then that changed not
only shift the camshaft, but also required modifications to the carburizing system,
compression or cylinder capacity greater power to obtain performance and
torque better than the standard exhaust camshafts.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTM 621.84 Wer s |
Uncontrolled Keywords: | Variable valve timing, katub buang (exhaust valve), DOHC, emisi gas buang |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures > TS280 Pipe Bending, Tube Bending |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 02:51 |
Last Modified: | 13 May 2024 07:23 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/51804 |
Actions (login required)
View Item |