Studi Eksperimental Komparasi Buka Tutup Katub Buang (Exhaust Valve) Dan Modifikasinya Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin 4 Langkah Dohc 4 Katub

Sri Werdhani, Anastasia (2015) Studi Eksperimental Komparasi Buka Tutup Katub Buang (Exhaust Valve) Dan Modifikasinya Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin 4 Langkah Dohc 4 Katub. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2111202005-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini pemanasan global dan polusi atmosfer sudah menjadi masalah sosial yang mana salah satu penyebabnya adalah hasil pembakaran dari motor bakar. Selain itu juga terjadinya krisis energi di dunia dan semakin menipisnya cadangan minyak bumi yang bearasal dari fosil mendorong dilakukannya inovasiinovasi dan penelitian- penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan performa dari mesin dan mengurangi efek emisi gas buang. Salah satunya dengan menggunakan variable valve timing. Pengujian ini di lakukan untuk mengetahui pengaruh dari variasi derajat buka tutub katub buang (ekshaust valve) terhadap unjuk kerja motor bensin 4 langkah DOHC 4 katub serta pengaruhnya terhadap emisi gas buang. Pengujian di lakukan secara eksperimental dengan menggunakan motor bensin 4 langkah DOHC (Double Over Head CamShaft) 4 katub dengan membandingkan durasi derajat bukaan katub buang (exhaust valve) pada camshaft standar dan modifikasinya. Pengujian dilakukan dengan cara memvariasikan derajat bukaan katub buang (exhaust valve) pada camshaft standar dan modifikasinya dengan menggeser camshaft kearah kanan +150, +100, +50, dan ke arah kiri -50, -100, -150 dan menutup pada derajat +150, +100, +50, -50, -100, -150, dan dilakukan dengan menggunakan dyno test. Dari pengujian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa pada camshaft standar dengan pergeseran camshaft +50 kearah kanan menunjukan kenaikan unjuk kerja mesin yang terbaik dengan kenaikan daya sebesar 5% dan torsi sebesar 1,40% serta sfc mengalami penurunan sebesar 3,2% dibandingkan dengan camshaft standar. Sedangkan pada camshaft modifikasi, unjuk kerja yang terbaik ada pada pergeseran +15 kearah kanan dengan kenaikan daya sebesar 9% dan torsi sebesar 0,26% serta sfc mengalami penurunan sebesar 9% dibandingkan camshaft modifikasi nol. Namun unjuk kerja camshaft modifikasi tidak lebih baik dibandingkan dengan camshft standar, karena bila mengiginkan unjuk kerja camshaft modifikasi yang lebih baik maka yang diubah bukan hanya pergeseran camshaft saja namun juga diperlukan modifikasi pada sistim karburasi, kompresi atau kapasitas silinder yang lebih besar guna mendapatkan performa daya dan torsi yang lebih baik dibanding camshaft exhaust standar. ==================================================================================================== Today global warming and atmospheric pollution has become a social problem where one of the causes is the result of the combustion of motor fuel. In addition, the energy crisis in the world and the depletion of oil reserves are derived from fossil encourage innovations and studies aimed at improving the performance of the engine and reducing the effects of exhaust emissions. One of them is by using variable valve timing. This test is done to determine the effect of variations in the degree of opening and closing of the exhaust valve (valve ekshaust) on the performance of the motor gasoline 4 stroke DOHC 4 valve and its influence on exhaust emissions. Tests carried out experimentally using gasoline motor 4 stroke DOHC (Double Over Head Camshaft) 4 valve by comparing the duration of the valve opening degree of the exhaust (exhaust valve) on the standard camshaft and modifications. Testing is done by varying the degree of opening of the exhaust valve (exhaust valve) on the standard camshaft and camshaft modifications by scrolling to the right +150 +100, +50, and to the left -50, -100, -150 and closed at +100 , +50 , -50, -100, -150, and is done by using a dyno test. From the tests showed that the standard camshaft with camshaft +50 shift to the right shows the increase in engine performance is best with a 5% increase in power and torque of 1.40% and sfc decreased by 3.2% compared to the standard camshaft. While at camshaft modification, the performance of the best available on the shift + 150 towards the right with an increase of 9% and top torque of 0.26% and sfc decline of 9% compared camshaft modification zero. However, performance camshaft modification is not better than the standard camshft, because if want a performance camshaft modification better then that changed not only shift the camshaft, but also required modifications to the carburizing system, compression or cylinder capacity greater power to obtain performance and torque better than the standard exhaust camshafts.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTM 621.84 Wer s
Uncontrolled Keywords: Variable valve timing, katub buang (exhaust valve), DOHC, emisi gas buang
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS280 Pipe Bending, Tube Bending
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 25 Apr 2018 02:51
Last Modified: 25 Apr 2018 02:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51804

Actions (login required)

View Item View Item