Dampak Dinamika Perkembangan Kota Terhadap Eksistensi Perumahan Dan Permukiman Di Kawasan Perbatasan Studi Kasus : Wilayah Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

Djajawardana, A.A. Gde Dwi (2002) Dampak Dinamika Perkembangan Kota Terhadap Eksistensi Perumahan Dan Permukiman Di Kawasan Perbatasan Studi Kasus : Wilayah Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3200201003-Master-Thesis.pdf - Published Version

Download (46MB) | Preview

Abstract

Dalam lingkup regional dan nasional Surabaya memiliki nilai yang sangat strategis yaitu sebagai pusat pengembangan wilayah di Indonesia bagian timur, dan sebagai sentra pelayanan bagi daerah-daerah lain yang ada di sekitarnya, seperti Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Sidoarjo, dan Lamongan (Gerbangkertosusila/GKS). Dinamika perkembangan kota Surabaya selain mempengaruhi bagian dalam kota juga akan berpengaruh terhadap daerah pinggiran atau kawasan perbatasan antara Surabaya dengan kota-kota yang ada di sekitamya. Wilayah Driyorejo yang berada di kawasan perbatasan Surabaya - Gresik adalah salah satu wilayah yang dampak perkembangan kota Surabaya. Perkembangan Driyorejo sebagai kawasan industri dan perumahan memberikan dampak terhadap permukiman di wilayah ini, baik terhadap kondisi lingkungannya, bangunan tempat tinggal (rumah), maupun sosial ekonomi penduduknya. Lokasi perumahan yang berdekatan dengan industri mengakibatkan terjadinya suatu lingkungan tempat tinggal yang tidak sehat dan terganggu oleh polusi, namun di sisi lain keberadaan industri juga memberikan lapangan pekerjaan yang dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan penduduk Driyorejo. Penelitian ten tang 'Dampak Dinamika Perkembangan Kota Terhadap Eksistensi Perumahan dan Permukiman di Kawasan Perbatasan' ini dilakukan untuk mengkaji dan menganalisa dampak perkembangan kota Surabaya terhadap perumahan dan permukiman di wilayah Driyorejo yang merupakan perbatasan antara Surabaya - Gresik. Penelitian dengan metode kualitatif ini akan menyajikan pemaparan secara sistematis, faktual, dan akurat, melalui pencanderaan (deskriptif) berdasarkan fakta-fakta yang ada di lapangan. Dari hasil penelitian yang dilakukan terlihat bahwa perkembangan yang terjadi di wilayah Driyorejo tidak lepas dari pengaruh perkembangan kota Surabaya, perkembangan perumahan dan permukiman di wilayah ini didorong oleh keinginan masyarakat untuk dapat memiliki rumah sendiri dengan kualitas yang lebih baik. Perkembangan yang terjadi di wilayah Driyorejo cenderung tidak terkendali, keberadaan permukiman sebagai tempat hunian manusia kurang diperhatikan dan dengan penyediaan fasilitas lingkungan yang memadai. Perkembangan Driyorejo sebaiknya diikuti dengan suatu perencanaan wilayah yang terpadu termasuk di dalamnya penataan permukiman beserta lingkungannya, sehingga perkembangan di wilayah Driyorejo dapat memberikan manfaat dan dapat menciptakan suatu lingkungan permukiman yang utuh, selaras dan seimbang antara manusia, dan lingkungan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RT 711.4 Dja d
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA9053 City planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > (S2) Master Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 30 Apr 2018 08:56
Last Modified: 30 Apr 2018 08:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51830

Actions (login required)

View Item View Item