Usulan Clamp Sebagai Sambungan Mekanis Tulangan Baja Tarik

Ginting, Joi Fiktori (2015) Usulan Clamp Sebagai Sambungan Mekanis Tulangan Baja Tarik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3112106022-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
3112106022-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tulangan baja telah digunakan di struktur beton selama lebih dari satu abad. Tulangan baja sangat penting untuk menahan tegangan tarik yang terjadi pada struktur beton bertlulang karena kurangnya kekuatan tarik pada beton. Peraturan secara ekplisit tidak merekomendasikan ataupun melarang jenis tertentu dari suatu sambungan, seperti ACI 318M-14 atau SNI 2847: 2013, yang akan digunakan dalam sambungan tulangan baja. Sambungan jenis ini dapat menggantikan sambungan lewatan/penyaluran yang biasanya digunakan untuk penyambungan tulangan beton.
Pemikiran untuk memperkenalkan jenis sambungan mekanis berasal dari pengalaman dan praktek penggunaan panjang penyaluran/lewatan untuk memperkuat tulangan baja. Dengan hanya memperkenalkan panjang penyaluran/lewatan untuk sambungan tulangan baja, jelas bahwa kinerjanya akan lebih lemah dari batang tulangan normal (utuh), terutama dalam tegangan.
Dalam penelitian ini,diusulkan model sambungan mekanis. Jenis sambungan yang dipilih adalah sistem clamp. Jenis penjepit dipilih karena kemudahan untuk memproduksi dan sederhana untuk diterapkan di sudut pandang konstruksi. Untuk mengetahui kemampuan model clamp yang diusulkan, maka dilaksanakan pengujian tarik terhadap tulangan yang disambung. Para penulis membatasi penelitian hanya dari segi kekuatan tarik. Sifat mekanik lain tidak dipertimbangkan dalam penelitian ini. Diameter tulangan baja yang disambung menggunakan sistem ini adalah D13 mm,D16 mm, dan D19 mm. Semua tulangan baja yang dijepit dengan berbagai jumlah clamp. Untuk D13 mm, D16 mm, dan D19 mm ,masing-masing jumlah clamp yang digunakan adalah 1 sampai 3, 1 sampai 4, dan 1 sampai 5 clamp. Untuk bahan perbandingan, maka dilakukan pengujian tulangan baja yang masih utuh juga. Hasil menunjukkan bahwa kekuatan tarik menggunakan penjepit clamp yang diuji meningkat hampir linear di setiap peningkatan jumlah clamp. Tegangan tarik maksimum untuk D13 mm diperoleh dari sambungn dengan menggunakan 3 clamp, yaitu 545,41 MPa. Adapun D16 mm dan D19 mm diameter , kekuatan tarik tertinggi seperti yang diharapkan ditemukan setinggi 571,34 Mpa dan 478,08 MPa untuk 4 dan 5 clamp masing-masing. Dari tes itu bisa diambil dari kurva tegangan-regangan bahwa semua diameter batang baja yang disambung dengan jumlah maksimum clamp telah mengalami leleh, namun belum mencapai kekuatan tarik maksimum. Hal ini juga didukung oleh hasil uji tarik tulangan baja normal (utuh) sebagai bahan perbandingan. Untuk pekerjaan kedepanya, kekuatan tarik sambungan dapat secara signifikan ditingkatkan dengan pengenalan clamp fabrikasi yang lebih baik dan juga dengan menggunakan kekuatan yang lebih tinggi dari baut-mur serta dengan deformasi sisi bagian dalam clamp untuk meningkatkan gesekan antara permukaan tulangan dan clamp, bukan penambahan jumlah clamp yang tidak perlu dan bisa tidak ekonomis.
=====================================================================================================
Reinforcing steel bars have been implemented in concrete structures for more than a century. The steel bars are very important to withstand the tensile stresses occurred in concrete due to the lack of concrete tensile strength. A mechanical connector is allowed by the codes, such as ACI 318M-14 or SNI 2847:2013, to be used in jointing the reinforcing bars. This type of connection may replace the normally-used lap splices for bar development.
The idea of introducing this type of connection came from the diffidence of engineers and practitioners of adopting the lap splices to develop the steel bars. By only introducing the lapped-length to splice the bars, it is obvious that its performance is weaker than the continuous bars, particularly in tension.
In the research, a mechanical connector model is proposed. The type of connector selected is clamp system. This type of clamp is chosen due to its easiness to manufacture and simple to implement in construction point of view. To know the capability of the proposed clamp model, a tensile test is conducted. The authors constrain the study only in terms of tensile strength. Other mechanical properties are not considered in this study. The diameter of the bars clamped using this system were 13, 16, and 19 mm. All bars were clamped with various number of clamps. For 13-, 16-, and 19-mm bars, the numbers of clamps used were 1 to 3, 1 to 4, and 1 to 4 clamps, respectively. For comparisons, a continuous bars of each diameter were also tested. The results indicate that the tensile strength of the tested clamps increase almost linearly with the increase of number of clamps. The maximum tensile stress of 13-mm bar was obtained from the bars with 3 clamps, i.e. 545.41 MPa. As for the 16- and 19-mm bar diameters, the highest tensile strengths as expected were found as high as 571.34 and 478.08 MPa for 4 and 5 clamps, respectively. From the test it could be drawn from the stress-strain curves that all diameters of steel bars clamped with maximum number of clamps have been tested to yielding, yet they were not reaching their tensile strengths. It is also supported by the results of the tensile test of control continuous bars as benchmarks. For future work, the tensile strength of the connection can be significantly improved by the introduction of better fabricated clamps and also by using higher strengths of bolt-nut sets as well as by deforming the inner sides of the clamps to enhance the friction between the surfaces of deformed bars and the clamps, rather than the addition of number of clamps which is unnecessary and could be uneconomical.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.1 Gin u
Uncontrolled Keywords: klem, putaran splices, konektor mekanik, tulangan baja, kekuatan tarik.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA681 Concrete construction
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 07 May 2018 04:29
Last Modified: 07 May 2018 04:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51851

Actions (login required)

View Item View Item