Perencanaan Pengaturan Lalu Lintas untuk Mengatasi Kemacetan Pasar di Kecamatan Tanah Merah - Bangkalan

Prasetiyo, R. Fiansyah Dwi (2018) Perencanaan Pengaturan Lalu Lintas untuk Mengatasi Kemacetan Pasar di Kecamatan Tanah Merah - Bangkalan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
3113100070_Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan ruas jalan sebagai penghubung bagi pengendara dari suatu wilayah ke wilayah lainnya dengan menggunakan fungsi lahan jalan sebagai mana fungsi lahan tersebut. Pengaruh terbesar pada ruas jalan dapat di temui pada area sekitar pasar yang berdekatan langsung dengan ruas jalan. Pasar Tanah Merah merupakan pasar yang akan membawa pengaruh besar terhadap perubahan nilai lahan pada jalur jalan. Ruas jalan yang seharusnya di gunakan para pengendara dengan bebas hambatan menjadi sebagian tempat parkir pada bahu jalan serta bongkar muat penumpang ataupun barang. Dengan merencanakan parkir yang memadai serta jalan alternatif diharapkan memecah permasalahan tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi antrian akibat ketidak stabilan pasar. Analisis pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan beberapa analisis. Dengan asumsi ρ intensitas lalu lintas, λ tingkat kedatangan dan µ tingkat keberangkatan sehingga berlaku ρ = λ/µ. Hasil nilai tersebut nantinya akan menjadi acuan antrian pada lapangan. Sedangkan untuk solusi penumpukan parkir akan dilakukan studi parkir dengan menggunakan survey road side patrol sehingga dengan begitu akan mendapatkan solusi yang dapat diterapkan. Kasus tersebut dapat di analisa dengan menghitung derajat kejenuhannya (DJ). Sehingga saat kondisi eksisting diperoleh Dj=1,213 dan nilai Dj alternatif 1 yaitu 0,71 dan alternatif 2 yaitu 0,31 sehinga dapat dipilih untuk alternatif yang sesuai dengan kebutuhan keadaan pasar Tanah Merah. Dimana perencanaan alternatif tersebut adalah pembenahan lahan parkir sehingga fungsi lahan dapat maksimal, terahir dengan membuat jalan By Pass atau jalan lingkar saat terjadi kemacetan total. Sedangkan alternatif solusi untuk parkir menggunakan analisis sudut 90˚ dan paralel yang kemudian diperoleh 43 petak parkir.============The use of standards as a liaison for the rider of a region to other regions by using the function of land which functionally the as the land. The greatest influence on the standards can be found in the area around the market adjacent to the road. Red Land market is a market that will bring a major influence on changes in the valueof land in trails. The standards are supposed to use the rider with the freeway became part of the parking lot on the shoulder of the road as well as loading and unloading of passenger or goods. With adequate parking plan as well as the alternative way is expected to break down these probleams. Therefore, this research aim to analyze the condition of the queue due to an inflexible pieces of the market. Analysis on the research done by using some analysis. Assuming the traffic intensity, ρ is traffic intensity λ departure and µ arrival level of level of service so that valid ρ = λ/µ. The results of that value will be the reference queue on the field. As for the solution of the study will be done parking build up parking by using surveys of roads patrol so that the side with so will get a solution that can be applied. Such cases can be analyzed by calculating the degree of saturation (DJ). So while the existing condition of the retrieved of Dj = 1,213, Dj alternative 1 = 0,7, and Dj 1alternative is 0.31. for the alternative can be selected to suit the needs of the state of thr market the soil red. Where the alternative is revamping planning parking lots so that the land can function optimally, last by make the road By pass or happened when the beltway traffic jam. While alternative solution for parking use analysis angle 90 ˚ and parallel which then obtained 43 swath of parking lots.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Queue; the degree of saturation; Market; Parking; Antrian; Derajat Kejenuhan; Parkir Pasar
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF193 Estimates, costs, etc.
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL725.3 Traffic Control
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Dwi Prasetyo R. Fiansyah
Date Deposited: 03 Jul 2018 07:21
Last Modified: 03 Jul 2018 07:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51896

Actions (login required)

View Item View Item