Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Mobile Remote Administrator Untuk Aplikasi Pada Server Linux Berbasis Teknologi J2ME

Muhammad, Hariedi (2003) Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Mobile Remote Administrator Untuk Aplikasi Pada Server Linux Berbasis Teknologi J2ME. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5198100012-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
5198100012-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Kemajuan di bidang teknologi informasi merambah ke seluruh aspek kehidupan masyarakat. Seiring dengan peningkatan kebutuhan akan informasi tersebut, pengelolaan sumber daya jaringan merupakan sebuah tuntutan demi menjaga kualitas layanannya. Ditunjang dengan pemanfaatan teknologi bergerak yang semakin maju diharapkan tantangan ini dapat terpecahkan. Untuk itulah dibuatlah sebuah aplikasi mobile remote administrator untuk aplikasi pada server Linux, yakni sistem untuk pengawasan dan pengelolaan aplikasi yang berjalan pada server Linux melalui perangkat bergerak seperti ponsel, dengan memanfaatkan teknologi Java 2 Micro Edition di sisi klien dan CGI di sisi server serta ditunjang dengan teknologi komunikasi GPRS. Penggunaan aplikasi ini ditujukan kepada para praktisi IT, terutama seorang system administrator. Dari hasil uji coba dan analisa penelitian ini didapatkan hasil bahwa aplikasi mobile remote administrator dapat melakukan fungsi pengawasan dan pengelolaan aplikasi pada server Linux secara remote dengan efektif dan efisien tanpa terbentur oleh halangan ruang dan waktu, dan merupakan sebuah solusi alternatif yang cukup hemat di dunia teknologi informasi.
Keyword: remote administration, mobile, ponsel, Linux, J2ME, Perl, GPRS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Muh p
Uncontrolled Keywords: remote administration, mobile, ponsel, Linux, J2ME, Perl, GPRS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 17 May 2018 07:34
Last Modified: 17 May 2018 07:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51899

Actions (login required)

View Item View Item