Pembuatan Sistem Visualisasi Peta Pada Ponsel Dengan Memanfaatkan Teknologi XSLT (Extensible Stylesheet Language Transformation)

Perdana, Raditya Arif (2006) Pembuatan Sistem Visualisasi Peta Pada Ponsel Dengan Memanfaatkan Teknologi XSLT (Extensible Stylesheet Language Transformation). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5202100017-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi mobile programming saat ini telah mendorong banyaknya aplikasi bam yang muncuJ pada ponsel. Visualisasi peta salah satunya, mengharuskan pengguna untuk: memiliki peralatan tambahan berupa GPS yang mahal. Untuk itu penelitian ini akan berusaha mengembangkan aplikasi serupa pada ponsel, yang meskipun fitur-fitumya nanti tidak akan selengkap jika dengan menggunakan tambahan GPS, tetapi diharapkan dapat memberikan rnanfaat bagi pengguna ponsel secara mnmn tanpa harus menarnbah peralatan apapun lagi. Pengerjaan penelitian ini diawali dengan pengubahan format data spasial pada server yang akan rnemennudah pemrosesan data dari client. Data spasial dapat diekstrak dan diubah menjadi format XML dengan menggunakan library dari Deegree dan Saxon. Setelah diproses, data dengan format XML dapat dikonversi menjadi gambar vektor SVG dengan menggunakan XSL T. XSL T adalah dokurnen berbasis XSL yang dapat betfungsi untuk: mentransfonnasikan data XML menjadi eJemen-elemen grafis SVG. Terakhir gambar vektor SVG diubah ke gambar bitmap dengan library dari Batik. Penelitian ini menghasilkan aplikasi yang mampu menghadirkan pada penggunanya, visualisasi peta sebuah daerah beserta fitur yang telah dipilihnya, pada ponselnya. Gambar tersebut dihasilkan dari fonnat data spasial yang dikonversi ke format data XML dan kemudian ditranstormasikan ke format bitmap. Proses konversi ini berhasil dilakukan tanpa rnengubah informasi yang terkandung pada format data spasial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.12 Per p
Uncontrolled Keywords: visualisasi peta, da.ta spasial, XML, SVG-, XSLT, bitmap, Deegree, Saxon, Batik
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 ArcGIS. Geographic information systems.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5101 Telecommunication
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 18 May 2018 03:08
Last Modified: 18 May 2018 03:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51903

Actions (login required)

View Item View Item